Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Partikel Penyusun Atom Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Partikel Penyusun Atom Adalah

Berikut ini yang bukan merupakan partikel penyusun atom adalah …

A. Proton

B. Neutron

C. Elektron

D. Kulit Atom

Jawaban

Dalam sebuah atom terdiri dari berbagai partikel dasar penyusunnya yaitu antara lain Proton, Elektron, dan Neutron. Jadi jawaban yang benar atas pertanyaan yang bukan merupakan partikel penyusun atom adalah D. Kulit Atom

Penjelasan

Proton dan neutron menyusun inti atom, sementara elektron berada dalam kulit atom, yang mengitari inti atom ini dalam orbit di sekelilingnya. Kulit atom itu sendiri bukan bukan merupakan partikel, namun bagian di luar inti atom dimana elektron dapat ditemukan.

1. Proton

Proton (p) adalah partikel penyusun inti atom yang ditemukan oleh Eugen Goldstein, seorang fisikawan asal Jerman pada tahun 1886. Proton bermuatan positif (+).

Proton bermuatan positif, sebesar +1,6 x 10⁻¹⁹ coloumb, atau sebesar +1 dalam satuan muatan relatif.  Proton memiliki massa sebesar 1,673 ×10⁻²⁷ kg. Nilai ini biasanya dianggap sama dengan nilai 1 dalam satuan massa relatif atom.

Jumlah Proton pada suatu atom dinyatatakan dalam “Nomor” atom dalam sebuah unsur. Misalnya Hidrogen memiliki 1 proton dan nomor atom 1, Helium memiliki 2 proton dan nomor atom 2, Lithium memiliki 3 proton dan nomor atom 3, dan seterusnya.

2. Neutron

Neutron (n) adalah partikel subatom yang tidak bermuatan (netral). Neutron tidak bermuatan, karena sinar neutron dalam medan listrik maupun medan magnet, tidak dibelokkan ke kutub negatif dan positif.

Neutron memiliki massa yang hampir sama dengan massa atom, yaitu 1,675 x 10-24 g atau setara 1,0087 sma. Proton dan neutron menyusun inti atom, dan dilekatkan dengan energi pengikat inti atom (nuclear binding energy).

Pada unsur dengan energi pengikat rendah, proton dan neutron bisa terlepas menghasilkan radiasi elektromagnetik. Unsur-unsur ini disebut unsur radioaktif, seperti uranium dan plutonium.

3. Elektron

Elektron adalah partikel penyusun bagian luar atom yang bermuatan negatif, sebesar -1,6 x 10⁻¹⁹ coloumb, atau sebesar -1 dalam satuan muatan relatif.

Elektron memiliki massa sebesar 9,1 ×10⁻³¹ kg. Massa elektron jauh lebih kecil dari kedua partikel lainya. Bila dibandingkan, massa proton dan neutron adalah sekitar 2000 kali lebih berat dari massa elektron.

BACA JUGA  Pengertian Agama Secara Etimologi Dan Terminologi

Karena massa elektron sangat kecil, maka praktis suatu atom massanya hanya terdiri dari massa proton dan neutron saja. Elektron terletak pada lapisan kulit atom, yang terletak di bagian luar atom di sekitar inti atom.

error: Content is protected !!