Sebutkan Ciri-Ciri Musyawarah Untuk Mufakat

Sebutkan Ciri-Ciri Musyawarah Untuk Mufakat

Beberapa dari kita mungkin sering mendengar pertanyaan Sebutkan Ciri-ciri Musyawarah Untuk Mufakat, untuk itu ada baiknya kita mengetahuai terlebih dahulu penjelasan mengenai Musyawarah untuk Mufakat itu sendiri

Apa itu Musyawarah Untuk Mufakat

Musyawarah untuk mufakat merupakan pengambilan suatu keputusan berdasarkan kehendak orang banyak orang sehingga tercapai sebuah keputusan yang disetujui bersama.

Musyawarah untuk mufakat juga mempunyai manfaatnya yaitu melatih untuk mengemukakan pendapat. Jika banyaknya pendapat maka dapat disaring sehingga masalah dapat segera terpecahkan. Keputusan yang dihasilkan mempunyai nilai keadilan. Hasil keputusan yang diambil menguntungkan semua pihak. Proses dalam musyawarah pasti terdapat pendapat dari peserta musyawarah. Pendapat ini biasanya dapat berbeda-beda bahkan dapat saling bertentangan satu sama lain.

Jika suatu kesepakatan telah diambil, maka kesepakatan itu sudah bukan lagi milik dari pihak yang mengusulkan namun telah menjadi milik bersama. Keputusan atau kesepakatan tersebut itu harus dipatuhi dan dilaksanakan bersama-sama dengan penuh kesadaran serta tanggung jawab.

Lalu, bagaimana ciri-ciri musyawarah untuk mufakat?

Ciri-Ciri Musyawarah Untuk Mufakat

  1. Sesuai dengan kepentingan bersama.
  2. Usul atau pendapat yang disampaikan mudah dipahami dan tidak memberatkan.
  3. Dalam musyawarah, pertimbangan moral lebih diutamakan dan bersumber dari hati nurani yang jujur.
  4. Pembicaraan harus dapat diterima dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani.

Salah satu bentuk upaya pengambilan keputusan bersama yang sesuai dengan nilai budaya bangsa Indonesia yang demokratis disebut dengan musyawarah mufakat. Musyawarah maksudnya yaitu membicarakan serta menyelesaikan bersama pada suatu persoalan atau masalah yang bertujuan untuk mencapai mufakat, kesepakatan ataupun keputusan yang akan dibahas bersama-sama. Kata mufakat ini artinya kesepakatan untuk melaksanakan berdasarkan hasil musyawarah.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan musyawarah mufakat adalah perundingan bersama untuk memecahkan masalah, sehingga tercapai keputusan bulat yang akan dilaksanakan bersama, dengan mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama bukan untuk kepentingan golongan atau pribadi.

Demikian pembahasan mengenai ciri-ciri musyawarah untuk mufakatyang dapat kami sampaikan dan semoga dapar bermanfaat bagi kita semua terutama buat anda yang sedang belajar PPKn untuk tingkat SMP/MTs 

BACA JUGA  Yang Tidak Termasuk Ciri Ciri Anak Sehat
error: Content is protected !!