Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Buat anda yang sedang mencari contoh Pidato Singkat Tentang Pergauan Bebas, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian dari pergaulan bebas

Dikutip dari penjelasan situs kemdikbud.go.id, bebas dalam hal pergaulan adalah melewati batas-batas norma yang ada. Maka secara komprehensif, yang dimaksud dengan pergaulan bebas adalah perilaku menyimpang yang melewati batas norma yang berlaku di masyarakat, mulai dari norma agama hingga norma hukum

Pergaulan bebas yang dilakukan oleh remaja biasanya bagian dari eksistensi diri, pelampiasan emosi atau rasa kecewa yang dialami. Adapun macam pergaulan bebas seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas, mabuk, dan kenakalan remaja lainnya.

Untuk itu agar remaja tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas maka penting untuk terus dapat memberikan dorongan dan arahan supaya terhidar dari dampak buruk yang terjadi. Salah satu dorongan dan arahan tersebut bisa melalui pidato persuasif yang bersifat ajakan untuk para pendengar tentang pentingnya menghindari pergaulan bebas

Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Buat anda yang membutuhkan contoh pidato tentang pergaulan bebas, berikut ini kami akan berikan beberapa contoh pidato singkat sebagai bahan refrensi yang tentunya bisa anda berikan tambahan sesuai gaya bahasa yang akan digunakan

Contoh pidato tentang Pergaulan Bebas ini biasanya di gunakan di sekolah ataupun instansi pendidikan lainnya

Pidato Pentingnya Menghindari Pergaulan Bebas

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi dan salam bahagia untuk kita semua,
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Kepala SD/MI/SMP/MTs Negeri/Swasta Kabupaten/Kota
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Staf Tata Usaha dan Segenap Karyawan
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Wali Murid
Serta, teman-teman seperjuangan yang saya banggakan
Salam sejahtera bagi kita semua!

Marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunia kepada kita semua.

Sholawat dan salam semoga selalu tercurah pada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang penuh cahaya.

Para hadirin yang saya cintai

Kita sebagai manusia merupakan makhluk sosial yang dalam kehidupan sehari-hari memerlukan bantuan orang lain untuk menjalin hubungan antar manusia melalui suatu pergaulan.

Kita harus bergaul tanpa melakukan diskriminasi atau perbedaan hak bagi manusia didasarkan perbedaan agama, ras, suku, dsb.

Meskipun kita perlu bergaul tanpa membedakan-bedakan manusia, bukan berarti kita bebas mengikuti pergaulan yang justru membawa malapetaka dan merusak diri sendiri serta banyak orang.

Maka dari itu, kita boleh pandai bergaul tetapi tetap berpedoman pada norma susila dan agama serta tidak menimbulkan pelanggaran hukum.

Tujuannya tidak lain ialah agar kita terhindar dari pergaulan bebas yang melakukan tindakan melanggar batas, tidak terkontrol, dan menyimpang dari norma maupun hukum yang berlaku.

Beberapa contoh tindakan pergaulan bebas yang menjerat para remaja sebut saja seperti merokok, mabuk-mabukan, tawuran, judi, prostitusi, mengonsumsi obat-obatan terlarang, melakukan seks bebas hingga berujung aborsi ilegal.

Lunturnya nilai moral akibat pergaulan bebas membawa banyak dampak negatif seperti hamil di luar nikah, pernikahan dini yang akan melahirkan generasi stunting, putus sekolah, bunuh diri karena depresi, dan tindakan aborsi ilegal yang menyalahi hukum yang sebabkan kematian hingga masalah lain yang semakin kompleks.

Hadirin yang saya banggakan

Ada banyak penyebab remaja melakukan pergaulan bebas, penyebab yang paling utama adalah kurangnya pegangan hidup remaja dalam agama, kurang perhatian keluarga, ketidakstabilan tingkat emosi, dan tentu saja kondisi lingkungan yang tidak mendukung remaja untuk berkembang ke arah yang lebih baik.

Para remaja terjerumus pergaulan bebas hanya semata-mata untuk menyenangkan diri sendiri tanpa memikirkan risiko dalam jangka panjang.

Dengan demikian, pergaulan bebas perlu kita cegah dengan meningkatkan pondasi dalam ajaran agama melalui pendidikan moral.

Generasi muda sejak dini harus ditopang prinsip-prinsip keimanan dan ajaran agama, serta ajaran nilai dan norma susila yang kuat.

Para remaja juga harus dididik untuk menjunjung tinggi nilai-nilai HAM dan Pancasila dalam kehidupan.

Hadirin yang berbahagia

Selain itu, peran besar orang tua dalam mengawasi pergaulan remaja agar tidak sampai terseret pada pergaulan bebas.

Para remaja juga harus menanamkan dalam diri mereka bahwa bergaul bukan hanya untuk ketenaran dan kesenangan semata, tetapi sebagai wadah membentuk karakter.

Harapannya ialahdapat menyebarkan manfaat kepada remaja lain dalam pengaruh pergaulan yang positif, terutama di era modern saat ini yang semakin luas membuka ruang pergaulan dengan interaksi di media sosial.

Oleh sebab itu, dalam memilih pergaulan kita boleh bebas asalkan tegas dalam menetukan batas benar dan salah yang juga tak lepas dari peran keluarga, pendidikan, dan lingkungan remaja itu sendiri.

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf bila ada salah ucapan dan tindakan. Semoga pidato yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua.

Saya akhiri,
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Pidato Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Bapak/Ibu wali kelas
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai

Terima kasih saya ucapkan atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Pada kesempatan ini, saya hendak menyampaikan pidato mengenai kebebasan dalam pergaulan bebas.

Pergaulan bebas adalah wabah dalam pergaulan remaja dan kawula muda. Wabah sporadis yang tidak terkendali ini memberikan berbagai dampak negatif bagi masa depan bangsa Indonesia. Pergaulan bebas dapat dilakukan dengan sadar oleh para kaum muda atau hanya mengikuti trend saja.

Bagi mereka yang tidak mengetahui konsekuensi dari pergaulan bebas, berikut adalah beberapa point penting yang menjadi pertimbangan untuk tidak melakukan pergaulan bebas. Hal pertama yang mengenai pergaulan bebas adalah pihak perempuan adalah mahluk yang paling di rugikan dan dikorbankan.

Bagi anda kaum perempuan muda, pergaulan bebas cenderung mengarah ke seks bebas di bandingkan dengan penggunaan narkoba, pembangkangan dan sebagainya. Pertama-tama, sadarlah bahwa kamu tinggal di Indonesia yang diapit oleh negara-negara asia lainnya yang sarat dengan adat ketimuran.

Mungkian kamu tidak menyadarinya saat ini, namun pikirkanlah di masa mendatang, apakah pasangan kamu nanti bisa menerima kamu apa adanya? Pernahkah kamu mendengar bahwa ‘pacar harus cantik sedangkan istri harus pantas’. Ketika kamu sudah terjebak dalam pergaulan bebas, seberapa pantaskah kamu bagi pasangan kamu kelak?.

Jika kamu berpikir bahwa kaum pria juga melakukannya. Kamu benar, mereka memang melakukannya namun mereka tidak menghormati kaum perempuan yang melakukannya dan memandang mereka sebelah mata. Tidak adil memang, namun hal tersebut adalah kenyataan yang harus kamu terima. Jadi kamu sebagai perempuan, pandai-pandailah menjaga diri.

Konsekuensi kedua dari pergaulan bebas adalah kamu tidak mungkin terbebas dari penyakit. Seberapa kamu yakin bahwa pasangan kamu jujur kepada kamu. Sedangkan bisa saja dia berbohong kepadamu tentang jumlah pasangan dan kebiasaan ia dalam mengkonsumsi narkoba.Mungkin saja pasangan kamu jujur namun apakah pasangannya selain kamu juga jujur. Dalam pergaulan bebas, sangatlah jelas bahwa nilai kepercayaan dan kejujuran sudah tercacah-cacah.

Penyakit yang diderita dari pergaulan bebas sangatlah variatif dari yang bisa di sembuhkan sampai dengan yang sulit bahkan sampai tidak dapat disembuhkan seperti AIDS, Herpes.kanker dan sebagainya. Penyakit umum yang menghinggapi para pelaku pergaulan bebas adalah Clamydia.

Memang dampak yang diberikan tidak sehebat yang diberikan oleh HIV dan kanker namun penyakit oleh karena jamur ini sangatlah mengganggu dan tidak nyaman. Bayangkan jika kamu harus menahan gatal dan panas berhari-hari bahkan berminggu-minggu di area kelamin. Belum lagi dengan bau busuk yang menyertainya. Penyakit ini menyerang pria maupun wanita.

Bagi kamu kawula muda kaum pria, janganlah kamu berbangga hati dengan bebasnya kalian dari cirri-ciri fisik terlibat dalam pergaulan bebas seksual. Pernahkah terlintas di pikiran kamu bahwa kaum perempuan adalah kaum pembanding yang sangat hebat? Perhatikanlah sekitar kamu atau ketika kamu kecil, seberapa sering kamu mendengar kamu ataupun teman-teman kamu di bandingkan dengan yang lainnya.

Tentu saja jika kamu terlibat dalam pergaulan bebas kemampuan kamu, bentuk dan segala macam teknik kamu akan diperbandingkan dengan pasangan-pasangan wanitamu yang lainnya. Jika performa kamu bagus, tentu saja kamu bisa merasa bangga.

Kamu bisa saja menanyakannya langsung kepada pasangan kamu secara langsung. Lalu apakah kamu yakin bahwa ia mengatakan yang sesungguhnya? Mungkin juga ia berpura-pura hanya untuk mempertahankan kamu di sisinya untuk kegunaan yang lainnya.

Bagaimana jika suatu hari kamu mengetahui bahwa pasangan kamu menyebarkan ketidakmampuan atau performa kamu yang sebenarnya bagi pasangan kamu tidaklah sehebat yang kamu pikir. Tentu saja kamu bisa langsung memaki dengan kata-kata kasar. Namun apakah hal itu akan mengubah harga diri kamu yang sudah terlanjur tegores dan mendapat reputasi yang kurang baik?

Jika hal itu belum cukup bagi kamu, pikirkanlah jika kamu sebagai laki-laki, yang secara umum akan menjadi ayah dari anak-anakmu, memiiliki anak perempuan. Apakah kamu akan memperbolehkan ia untuk melakukan apa yang kamu telah lakukan? Ataukah kamu akan menggunakan dalih pertobatan dalam melarang anak kamu ataukah kamu memilih untuk membohongi anakmu sendiri?

Yang lebih parahnya lagi, bagaimana jika anak perempuanmu menjadi korban dari pergaulan bebas dan hidupnya menderita oleh karena penyakit ataupun pasangan yang semena-mena? Apakah kamu rela melihat penderitaan anak kamu. Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga bukan. Pikirkanlah masa depan kamu sebelum kamu memutuskan untuk terjerumus dalam pergaulan bebas yang tidak bebas itu.

Bagi kamu yang sudah terjebak dalam pergaulan bebas, segeralah keluar dari lingkaran setan tersebut. Satu hal yang kamu dapat ketika kamu keluar dari pergaulan bebas adalah caci maki dan hinaan. Celaan dari teman ‘sebangsa’ kamu dan juga celaan dari mereka yang akhirnya mengetahui bahwa kamu bukannlah wanita atau laki-laki baik-baik.

Biarkan saja, mereka berkata dan mencela, pikirkanlah masa depan kamu yang tersisa. Memang tidak mudah membangun kembali apa yang sudah rusak, akan tetapi ingatlah pepatah ‘lebih baik terlambat daripada tidak pernah sama sekali’.

Mulailah mencari pertolongan professional dalam bidangnya jika kamu merasa sulit dan butuh bantuan. Jangan ragu untuk menatap masa depan. Walaupun terkesan klise, namun Jika kamu percaya akan Tuhan yang Maha Kuasa maka jika kamu memutuskan untuk berubah dan sungguh-sungguh menjalaninya, niscaya Tuhan akan membukakan jalan bagimu dan membukakan lembaran yang baru untukmu.

Sekian Pidato dari saya. Selamat pagi.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Salam sejahtera bagi kita semua. Kiranya berkat dan rahmat Tuhan senantiasa berserta kita. Saya berterima kasih karena telah diberi kepercayaan untuk menyampaikan ceramah pada kesempatan ini.

Sering kali kita menyalahkan anak muda yang terlibat dalam pergaulan bebas. Padahal maraknya pergaulan bebas tidak serta merta karena kesalahan si anak. Selama masih di bawah umur, maka mereka ada dalam tanggung jawab orang yang lebih tua.

Anak-anak yang terjerumus dalam pergaulan bebas rata-rata memiliki masalah dengan keluarganya. Rumah tangga tidak harmonis, perceraian orang tua, kekerasan dalam rumah tangga, atau kurangnya kasih sayang dari orang tua. Akhirnya, apa yang tidak mereka temukan dalam keluarga, mereka cari di luar.

Oleh sebab itu, cara paling efektif mencegah pergaulan bebas pada anak adalah dari keluarga. Mari sayangi dan kasihi anak-anak kita. Lindungi mereka dengan cara membangun rumah tangga yang sehat dan harmonis. Jangan biarkan anak-anak terjebak dalam pergaulan yang berpotensi merusak masa depan mereka.

Kiranya sekian yang hendak saya sampaikan. Mohon maaf bila ada kekurangan karena manusia tempatnya luput dan salah. Sekian dan salam sejahtera.

Ceramah Tentang Pergaulan Bebas

Salam sejahtera untuk kita semua. Senang bisa melihat bapak ibu semua berkumpul di tempat ini. Izinkan saya menyampaikan satu dan lain hal terkait pergaulan bebas dan kepercayaan pada anak.

Sebagai orang tua kita pasti khawatir dengan siapa saja anak kita bergaul. Bahkan saking khawatirnya, orang tua menjadi terlalu protektif dan membatasi ruang gerak anak. Khawatir berlebihan tidak baik bapak sekalian.

Dari pada melarang anak untuk mengeksplorasi dunia dan mencari teman sebanyak-banyaknya, lebih baik kita bekali mereka. Kita bekali dengan pengertian, risiko, dampak, serta konsekuensi apa saja yang akan mereka hadapi di luar sana. Bila sudah bicara baik-baik mengenai risiko pergaulan bebas, coba beri rasa kepercayaan pada anak.

Kekhawatiran berlebih dan pengekangan hanya akan berdambak buruk bagi perkembangan anak. Ayo lindungi anak dari pergaulan bebas dengan cara yang bijak.

Demikian sedikit ceramah dari saya. Semoga kita lebih bijak menyikapi pergaulan anak. Akhir kata, selamat siang dan salam sejahtera.

Nah, itulah beberapa contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas yang bisa anda gunakan untuk bahan refrensi. Tentunya pidato yang ada buat sendiri akan lebih bagus lagi karena bisa menyesuikan dengan bahasan yang ingin anda sampaikan. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA  Cara Membuat Iklan Media Cetak Anda Lebih Efektif
error: Content is protected !!