Mengapa Indonesia Harus Ikut Berperan Di Asean

Dalam kerja sama ASEAN, peran Indonesia menjadi penting karena Indonesia adalah salah satu negara anggota ASEAN. Selain itu, Indonesia juga merupakan salah anggota penting dari ASEAN karena merupakan salah satu negara pendiri ASEAN

Indonesia harus ikut berperan diASEAN dan aktif dalam kerja sama ekonomi karena salah satu tujuan ASEAN adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara anggotanya. Agar tujuan tersebut tercapai, maka diperlukan kerja sama dari seluruh anggota ASEAN agar dapat memberi manfaat pada tiap negara anggota ASEAN.

Association of South East Asian Nations atau sering disingkat ASEAN adalah sebuah bentuk kerja sama regional yang dibentuk oleh negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara pada tanggal 8 Agustus 1967. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang mengirimkan wakil untuk menandatangani Deklarasi Bangkok yang menandai berdirinya kerja sama ASEAN. Wakil dari Indonesia adalah Adam Malik yang merupakan Menteri Luar Negeri Indonesia. Indonesia bergabung dengan ASEAN karena Indonesia melihat bahwa ASEAN bisa membantu Indonesia dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.

Berikut adalah beberapa peran dari Indonesia dalam ASEAN:

  • Menyelesaikan konflik Kamboja dan Vietnam: Indonesia menjadi mediator untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di antara Kamboja dengan Vietnam. Pada akhirnya, konflik ini berakhir setelah adanya Jakarta Informal Meeting.
  • Penggagas komunitas ASEAN: pada KTT ASEAN ke-9 yang digelar di Bali, Indonesia menggagaskan pembentukan komunitas ASEAN. Beberapa program yang ada di dalam komunitas ASEAN ini adalah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), ASEAN Socio-Cultural Community, dan ASEAN Political-Security Community.
  • Menyelesaikan konflik Filipina dengan Kelompok Muslim Moro: Indonesia juga membantu penyelesaian konflik yang ada di antara Filipina dengan Kelompok Muslim Moro dengan menjadi mediator pada tanggal 2 September 1996.
  • Berpartisipasi dalam ASEAN Industrial Cooperation: Indonesia juga turut aktif dalam pembentukan industri bersama yang dilakukan oleh ASEAN. Bentuk nyata dari peran Indonesia dalam ASEAN Industrial Cooperation adalah pendirian ASEAN Aceh Fertilizer di Aceh, Indonesia.

Negara-negara di ASEAN harus saling membantu dalam berbagai bidang. Misalnya terdapat suatu negara yang mengalami krisis, maka negara lain harus berperan untuk membantu. Agar tujuan tersebut tercapai, maka diperlukan kerja sama dari seluruh anggota ASEAN agar dapat memberi manfaat pada tiap negara anggota ASEAN.

BACA JUGA  Langkah Mudah Belajar Bahasa Asing Dengan Mandiri

Jadi, dapat disimpulkan bahwa alasan Indonesia harus ikut berperan aktif dalam kerja sama ekonomi ASEAN karena salah satu tujuan ASEAN adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara anggotanya. Agar tujuan tersebut tercapai, maka diperlukan kerja sama dari seluruh anggota ASEAN agar dapat memberi manfaat pada tiap negara anggota ASEAN.

error: Content is protected !!