Yang Dimaksud Tari Daerah Adalah Tarian

Yang Dimaksud Tari Daerah Adalah Tarian

A. Tarian yang lahir dari masyarakat sebagai lambang kegembiraan dari rasa suka cita

B. Tarian yang lahir di lingkungan keraton (Jawa)

C. Tarian yang tidak terikat oleh aturan-aturan tradisi

D. Tarian untuk menghibur masyarakat

Jawaban

Jawaban atas pertanyaan diatas adalah A. Tarian yang lahir dari masyarakat sebagai lambang kegembiraan dari rasa suka cita.

Penjelasan

Tari daerah adalah tari yang berasal dari suatu tempat yang menjadi ciri khas daerah itu sendiri. Dengan kata lain, pengertian dari tari daerah adalah jenis tarian yang merupakan wujud sebuah budaya di suatu daerah. Tari daerah atau tarian tradisional biasanya diwariskan secara turun temurun. Indonesia sendiri punya lebih dari 300 jenis tarian tradisional yang berasal dari wilayah berbeda

Tari tradisional tidak hanya berfungsi sebagai hiburan serta sarana komunikasi, melainkan sebagai upacara ritual adat, penobatan, kematian, dan acara penting lainnya. Tari tradisional sejak zaman dahulu merupakan sarana hiburan yang sangat diminati. Terutama masyrakat dahulu belum mengenal televisi atau smartphone seperti sekarang.

Tari tradisional merupakan sarana komunikasi massal. Pada perhelatan tari tradisional, masayarakat akan berkumpul dan menyaksikan sehingga dapat bertukar berbagai macam informasi ketika menonton. Gerakan serta musik tari tradisional juga kerap kali berisi pesan berupa ajaran kehidupan ataupun dakwah keagamaan. Pesan tersebut lebih mudah dicerna dan diingat jika disampaikan melalui tari tradisional. Tari tradisional berfungsi sebagai upacara ritual adat yang secara turun-temurun dilakukan dalam suatu budaya.

BACA JUGA  Jangan Bingung Lagi, Ini Karakteristik Pendidikan Formal dan Non Formal
error: Content is protected !!