Akibat runtuhnya VOC bagi pemerintah belanda adalah

Akibat Runtuhnya VOC Bagi Pemerintah Belanda Adalah

Akibat runtuhnya VOC bagi pemerintah Belanda adalah…

A. Terjadinya perebutan kekuasaan
B. Kas negeri belanda mengalami kekosongan
C. Berakhirnya kekuasaan belanda di indonesia
D. Banyak daerah daerah di indonesia yang merdeka

Jawaban

Setelah VOC runtuh, Kerajaan Belanda menanggung pengelolaan semua perkebunan, perusahaan, jalur perdagangan, wilayah jajahan dan beban hutang VOC sehingga Kas negeri Belanda mengalami kekosongan Jadi jawaban yang benar adalah B

Penjelasan

VOC (Vereenidge Oosindische Compagny) adalah perusahaan gabungan/kongsi dagang dari Belanda yang menaungi para pedagang Belanda di Indonesia sejak tahun 1602. Di Indonesia VOC menerapkan sistem monopoli perdagangan dan mendirikan pemerintahannya sebagai penjajah kolonial.

Pada tahun 31 Desember 1799 perusahaan dagang Belanda VOC mengalami kemunduran dan bangkrut, hal tersebut diakibatkan karena adanya krisis keuangan, beban biaya perang yang terlalu banyak, praktik korupsi besar-besaran yang dilakukan para pegawai VOC, persaingan dagang dengan EIC dan juga memillki hutang yang banyak.

Setelah bangkrutnya VOC, kekuasaan VOC jatuh ke tangan Kerajaan Belanda. Dengan begitu Kerajaan Belanda berkuasa atas wilayah jajahan VOC salah satunya Hindia Belanda (Indonesia), menanggung pembayaran semua hutang VOC, jalur perdagangan VOC dari Amsterdam, Tanjung Harapan, begitu juga dengan perusahaan-perusahaan dan perkebunan-perkebunan VOC yang telah didirikan.

BACA JUGA  Contoh Pidato Agama Islam Singkat Tentang Sedekah
error: Content is protected !!