Kemasan yang Ramah Lingkungan Adalah

Kemasan yang Ramah Lingkungan Adalah

Kemasan yang Ramah Lingkungan Adalah…

Jawaban:

Makna kemasan ramah lingkungan dalam bahasa Inggris adalah eco-friendly packaging.

Adapun ketentuan tentang kemasan yang ramah lingkungan adalah sebagai berikut.

  1. Kemasan harus terbuat dari bahan yang mudah diurai seperti kertas
  2. Kemasan harus bebas dari bahan yang mencemari lingkungan seperti timbal, merkuri, dan lain sebagainya.

Penjelasan:

Kemasan ramah lingkungan merupakan upaya pelaku usaha untuk melestarikan lingkungan. Kemasan ini biasanya terbuat dari kertas. Kertas digunakan karena berasal dari kayu dan dapat dengan mudah diurai oleh lingkungan.

Sebagai pelaku bisnis yang peduli terhadap lingkungan, Anda bisa mengganti kemasan plastik di produk Anda dengan kemasan ramah lingkungan. Saat ini juga sudah banyak usaha atau bisnis yang mulai memperhatikan hal ini dan menggunakan kemasan ramah lingkungan untuk produk mereka.

Mulai dari bisnis makanan, minuman, fashion, produk kecantikan, dan bisnis lainnya sudah menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Selain itu, kemasan ramah lingkungan juga membuat brand image dan identitas dari produk Anda lebih berbeda.

Beberapa ide kemasan ramah lingkungan yang bisa kamu terapkan: 

1. Kemasan Bambu

Ingat besek bambu yang sering digunakan sebagai kemasan makanan zaman dulu? Anyaman dari bambu itu kuat dan memberikan kesan klasik yang cocok dibuat kemasan makanan lokal, bisa ditambah alas daun pisang juga.

Kamu bisa berkreasi untuk membuat desain kemasan bambu yang lebih modern, menarik, atau artistik. Termasuk toples bambu, botol bambu, anyaman keranjang dari bambu, atau kotak makan dari bambu, dll.

2. Wadah Biofoam

Biofoam adalah alternatif kemasan yang lebih ramah lingkungan dengan bahan dasar polylactic acid (PLA). Biofoam terbuat dari tumbuhan dengan tambahan serat agar strukturnya kuat.

Kemasan biofoam aman dipakai berkali-kali, bisa diolah sebagai bahan baku daur ulang, dan mudah terurai secara alami.

Berbeda dengan expanded polystyrene (EPS) bahan dasar plastik berbahan dasar minyak (dikenal sebagai styrofoam) yang sulit diurai dan hanya sekali pakai.

3. Karton atau Kardus

Kotak karton dan kardus sebenarnya sudah menjadi standar kemasan dalam banyak industri. Kardus bisa digunakan kembali dan juga mudah didaur ulang.

Kamu juga bisa merancang berbagai desain di kemasan kardus itu sesuai dengan brand awareness yang ingin ditonjolkan.

BACA JUGA  Memahami Lebih Dalam Landasan Yuridis Pendidikan Pancasila
error: Content is protected !!