Keuntungan Mengirimkan Tenaga Kerja Indonesia Ke Luar Negeri

Sebelum kita membahas apa Keuntungan Mengirimkan Tenaga Kerja Indonesia Ke Luar Negeri ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan Tenaga Kerja Indonesia itu sendiri dan seperti apa jenis-jenis Tenaga kerja yang ada di indonesia

Apa itu Tenaga Kerja Indonesia

Menurut situs ensiklopedia, Tenaga Kerja Indonesia atau dikenal dengan sebutan TKI adalah seorang warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri yang memiliki hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu dengan menerima upah. Sedangkan menurut Undang-Undang Nonor 18 Tahun 2017 tentang perlindungan Pekerja Migran Indonesia, pekerjaan sebagai TKI ini sekarang disebut sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Selain istilah TKI ada juga istilah lain yang dikenal yaitu TKW atau Tenaga Kerja Wanita, yaitu sebutan bagi WNI wanita yang akan bekerja di luar negeri. Namun, sperti yang kita ketahuai bahwa TKI atau TKW ini sering dicap sebagai pekerja kasar atau rendahan karena mayoritas didominasi oleh profesi ART. Namun, ternyata pekerjaan TKI dan TKW tidak hanya terbatas pada profesi ART saja melainkan juga pekerja pabrik, pekerja perkebunan, perawat, pelayanan restoran, operator, petani, awak kapal dan lainya

Keuntungan Mengirimkan Tenaga Kerja Indonesia Ke Luar Negeri

Walaupun sering dianggap sebelah mata, ternyata pekerjaan TKI ini justru menjamin anda bisa mendapat banyak keuntungan. Walaupun memang banyak tantangan yang harus dihadapi seperti jauh dari keluarga, adaptasi dengan negara baru, dan punya modal uang yang cukup, hasil yang didapat nantinya pun juga sepadan.

Bahkan buat negara, TKI sering disebut sebagai pahlawan devisa karena dalam setahun bisa menghasilkan devisa 60 triliun rupiah berdasarkan data yang diperoleh pada tahun 2006. Selengkapnya Keuntungan Mengirimkan Tenaga Kerja Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Menambah devisa negara

Pengiriman Tenaga Kerja Indonesia ke luar negeri digadang gadang menambah devisa negara. Devisa merupakan bentuk mata uang negara asing yang mana harus diakui secara Internasional. Bentuknya berupa mata uang asing atau valas (valuta asing) seperti Euro Eropa, Franc Swiss, USD (Dollar Amerika Serikat), Yen Jepang, Poundsterling Inggris, dan Deutsche Mark (DM) Jerman

Juga dikarenakan TKI turut menyumbang negara dalam bentuk remitansi. Dalam laman ojk.go.id, remitansi adalah layanan jasa pengiriman uang yang dilakukan oleh pekerja asing ke negara asalnya. Mengutip dari berbagai sumber, Pada Rabu (16/2/2022) remitansi TKI menyumbang 10% nilai APBN

2. Menambah ilmu pengetahuan

Pengiriman TKI/TKW ke luar negeri berdampak pada bertambahnya ilmu pengetahuan. Karena tidak sedikit TKI/TKW ketika di luar negeri juga melakukan studi alias belajar sambil melakukan pekerjaannya.

Selanjutnya, kepulangan TKI/TKW dari luar negeri tadi juga membawa pengalaman dan ilmu pengetahuan baru yang kelak akan ia praktekkan di kampung halaman

Keuntungan Menjadi Tenaga Kerja Indonesia

Tentunya keuntungan yang diperoleh dengan mengirim Tenaga Kerja Indonesia ini pun berdapak langsung juga pada orang yang menjadi TKI ataupun TKW itu sendiri. Lalu apa saja ya keuntungan menjadi TKI itu? Berikut ini kita simak ulasannya:

1. Upah Bulanan yang Besar

Bukan rahasia lagi jika upah bekerja di luar negeri itu jumlahnya lebih besar jika dibandingkan di negeri sendiri. Hal inilah yang mendorong masyarakat Indonesia untuk berbondong-bondong mengadu nasib di negeri orang. Harapannya, upah tersebut nantinya dapat memperbaiki ekonomi keluarga dan meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik.

BACA JUGA  Valuta Asing yang Berasal dari Kegiatan Ekspor Barang Disebut Devisa?

Upah minimum TKI di Malaysia sendiri misalnya sudah mencapai 3,1 juta rupiah. Sedangkan di Taiwan upah minimum pekerja migran mencapai 6,91 juta rupiah. Bahkan angka tersebut masih tergolong kecil jika disandingkan dengan upah TKI di Inggris yang mencapai 23 juta rupiah. Namun perlu diketahui juga bahwa di negara Britania Raya ini memiliki biaya hidup yang tinggi.

2. Bonus yang Berlipat Ganda

Belum habis membahas tentang gaji TKI yang tergolong besar, ternyata mereka masih akan mendapat bonus tambahan yang nominalnya juga tak kalah menarik. Di negara Hongkong misalnya, TKI akan diapresiasi dengan bonus yang melimpah jika sudah bekerja selama 8 tahun.

Tak tanggung-tanggung, jumlah bonus yang akan diterima pun sejumlah ⅔ gaji pokok yang dikalikan lama TKI bekerja. Pantas saja, banyak TKI yang mendadak jadi jutawan setelah pulang ke Indonesia.

3. Dapat Tambahan Penghasilan dari Usaha Sampingan

Banyak TKI di luar negeri yang ternyata juga menyibukan diri dengan melakukan usaha sampingan lho. Banyak ide usaha sampingan yang bisa dilakukan TKI selama bekerja di luar negeri untuk menambah penghasilan. Misalnya saja dengan jual beli makanan khas negara asal seperti bakso, tempe, keripik, dan makanan khas Indonesia lainnya.

Bisa juga memulai usaha sampingan dengan membuka jastip barang-barang yang ada di Malaysia untuk dikirim ke Indonesia. Apalagi sekarang sudah eranya digital, cukup dengan bermodalkan smartphone dan internet, Anda bisa berjualan secara online.

4. Mendapat Warisan/Dinikahi Majikan

Nasib seseorang tidak pernah ada yang tahu, begitu pula dengan TKI yang mengabdikan diri mereka di luar negeri. Sebagai pahlawan devisa negara, tak jarang banyak TKI yang juga dapat rejeki nomplok saat bekerja di mancanegara. Sebagai wujud penghargaan dari bos atau majikan, ada TKI yang diberi warisan oleh empunya.

Bahkan jika dewi fortuna sedang berpihak, ada majikan yang bahkan jatuh hati dan bersedia menikahi seorang TKI. Jadi, apapun pekerjaan yang Anda jalani, lakukanlah dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin karena siapa tahu Anda memiliki nasib yang sama dengan TKI yang beruntung tersebut.

Jenis- Jenis Tenaga Kerja Indonesia

Perlu diketahui bahwa ada beberapa macam jenis  Tenaga Kerja Indonesia yang di kirim keluar negeri yaitu:

  1. Tenaga kerja terlatih, yang dimana ini harus memerlukan pelatihan khusus sebelum diberangkatkan kerja di luar negeri karena ia harus memiliki pengalaman. Seperti pelayan, montir, tukang jahit dan sebagainya.
  2. Tenaga kerja terdidik, yang dimana tenaga kerja ini memerlukan pengetahuan yang sangat tinggi. Seperti arsitek, dokter, tentara dan sebagainya.
  3. Tenaga kerja tak terdidik, yang dimana tenaga kerja ini tidak memerlukan pengetahuan yang

Demikian informasi yang bisa Anda simak tentang apa itu TKI dan dan Keuntungan Mengirimkan Tenaga Kerja Indonesia Ke Luar Negeri serta keuntungan apa saja yang bisa diraih jika Anda menjadi seorang TKI itu sendiri. Semoga Bermanfaat!

error: Content is protected !!