pengertian reklame secara khusus

Apa Itu Reklame? Yuk Simak Jenis Reklame dan Kegunaannya untuk Berbagai Jenis Usaha

Apa itu reklame tentunya sudah tidak asing lagi, hampir kita temui di sekeliling kita. Ketika anda jalan-jalan motoran melintasi jalan, pastinya anda menemui suatu promosi produk yang terpajang di pinggir-pinggir jalan. Terutama di depan suatu toko, supermarket, minimarket, ataupun di mall. Lalu, pengertian reklame secara khusus apa sih?

Apa Itu Reklame?

Mungkin banyak diantara kita yang tahu tentang iklan-iklan di pinggiran jalan, nah itu bisa disebut dengan reklame. Pengertian reklame secara khusus berarti publikasi suatu produk dengan gambar menarik, kata-kata menarik, dan penuh ajakan. Secara gampangnya sebut saja sebagai iklan promosi barang atau produk.

Dimana Reklame Ditemukan?

Reklame sendiri sangat mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan, depan toko, atau mall. Biasanya iklan reklame akan ditulis dalam papan besar di pinggir jalan, kebanyakan di perempatan jalan. Mengapa harus dalam papan besar? Nah tentunya agar siapapun yang melewati jalan tersebut bisa melihat dan membaca informasi iklan dengan jelas.

Mengapa reklame kebanyakan dipasang di pinggir jalan atau perempatan lampu merah? Hal ini tentunya agar pemasangan reklame tersebut benar-benar efisien dan bermanfaat. Iklan reklame pastinya akan dibaca oleh para pengendara motor atau mobil, terutama saat kondisi lagi berhenti lampu merah.

Apakah Reklame Hanya untuk Iklan Produk?

Bila diperhatikan memang kebanyakan reklame iklan produk, seperti iklan makanan, baju, sepatu, produk kosmetik, dan lainnya. Reklame jenis ini umumnya dipasang di dekat-dekat mall atau supermarket serta restoran. Lalu apakah reklame yang sering kita jumpai terbatas pada produk-produk tersebut?

Tentunya tidak, terkadang kita juga menemukan reklame iklan jasa seperti fotografer wisuda, jasa kursus stir, jasa bimbel, dan lainnya. Bahkan banyak juga iklan reklame yang mempromosikan restoran, kampus atau universitas, sekolahan, toko handphone, dan lainnya. Jadi, gimana peluang reklame untuk memperluas jangkauan konsumen worth it bukan?

Jenis-Jenis Reklame Secara Umum Ada Apa Saja?

Secara umum, jenis-jenis reklame ada yang mendorong ke arah komersial dan non-komersial. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, model reklame seperti iklan makanan, baju, sepatu, jasa fotografer, maupun promosi kampus tentunya termasuk ke dalam reklame komersial. Mengapa demikian? Karena mereka menargetkan konsumen untuk menggunakan produk atau jasa mereka.

BACA JUGA  6 Ide Kreatif untuk Konten Media Sosial Dijamin Viral

Lalu seperti apa model reklame yang non-komersial? Nah tipe yang ini mungkin sangat sering anda temukan dikala masa pandemi ini. Isi reklamenya seperti berupa himbauan untuk mematuhi protokol kesehatan, reklame untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, reklame jaga kesehatan dikala pandemi, dan lainnya.

Seperti Apa Klasifikasi Reklame Berdasarkan Sifatnya?

Reklame secara fisik memang begitu-gitu saja, akan tetapi memang banyak sekali tujuan dan informasi yang bisa diberikan melalui reklame. Klasifikasi reklame berdasarkan sifatnya umumnya terdiri dari tiga bagian yaitu sebagai penerangan, peringatan, dan berupa ajakan. Jenis reklame ajakan bisa berupa reklame iklan jasa atau reklame iklan produk.

Sementara itu, reklame peringatan seperti himbauan untuk selalu mematuhi rambu lalu lintas, peringatan bahaya berkendara sambil mengoperasikan handphone dan lainnya. Reklame penerangan sendiri umumnya berisi informasi baru yang perlu disampaikan kepada masyarakat. Misalnya reklame mengenai update pembayaran pajak dan tenggang waktunya.

Apakah Reklame Selamanya di Pasang di Outdoor?

Kebanyakan reklame memang dipasang atau dipajang di luar ruangan atau outdoor. Umumnya model reklame ini berukuran lebih besar, dengan gambar besar dan tulisan jumbo agar mudah dibaca dari kejauhan. Jenis reklame ini tentunya dipasang di tempat-tempat yang strategis dan banyak dilalui atau dikunjungi orang.

Reklame outdoor tentunya dibuat dengan spesifikasi dan bahan khusus. Karena pemasangannya di luar ruangan, sehingga bahan reklame haruslah yang tahan air, tahan panas, gambar tidak luntur, dan tidak mudah sobek. Ada reklame yang juga dilengkapi dengan hiasan lampu atau sorot lampu agar ketika malam hari tetap bisa terlihat jelas.

Berbeda dari reklame outdoor, reklame indoor ditujukan untuk pemasangan di dalam ruangan atau suatu bangunan. Misalnya di depan toko ada reklame terpampang di depan pintu, atau reklame yang dipasang di dinding toko. Umumnya reklame ini berukuran lebih kecil, lebih murah juga, dan aman bila menggunakan bahan kertas.

Apakah Jenis Reklame Visual Hanya Berupa Spanduk atau Papan Nama?

Bila anda melalui perempatan lampu merah atau di depan pertokoan tentunya anda akan melihat banyak jenis reklame visual. Kebanyakan reklame yang di jalan-jalan umumnya berupa spanduk atau banner besar yang dipasang di suatu bingkai. Bahkan ada juga yang memesan papan nama berisi gambar atau logo yang bersifat komersial.

BACA JUGA  Ini Dia 3 Cara Daftar Tiktok Affiliate Untuk Mendapatkan Komisi Lebih Cepat

Lantas, apakah hanya kedua model tersebut yang dikatakan sebagai reklame? Tentunya tidak, jenis reklame visual juga bisa berupa poster, brosur, leaflet, baliho, dan logo. Reklame modle spanduk, banner, atau baliho umumnya bersifat reklame outdoor alias dipasang di luar ruangan. Sementara itu, model reklame poster, brosur, logo, dan leaflet bersifat sebagai reklame indoor.

Apakah Ada Reklame dengan Gambar Bergerak Alias Video?

Nah bila selama ini seringnya melihat reklame cetak baik dipasang di indoor atau outdoor, lantas pernahkah anda melihat reklame video alias reklame audio visual atau justru reklame audio? Kedengarannya sedikit asing bukan? Untuk jenis reklame suara atau audio sendiri tentu saja iklan reklame yang disampaikan melalui radio.

Nah untuk reklame audio visual ini tentunya pernah anda lihat juga. Contohnya melihat televisi atau layer raksasa di depan mall yang berisi iklan produk di dalamnya. Jenis reklame ini tentunya yang sangat trendy dan menarik, karena informasi berupa video dapat memberikan penjelasan lebih dan kita yang melihatnya tidak bosan.

Membuat reklame audio visual tentunya memakan jumlah biaya yang paling tinggi dibandingkan yang lain. Mengapa demikian? Pertama karena menggunakan media layer atau televisi besar, yang tentunya sewanya mahal, membutuhkan daya listrik, dan tergantung juga dengan durasi tampilannya. Anda juga harus menyiapkan video yang menarik untuk ditampilkan di dalamnya.

Jenis Reklame Apa yang Akan Anda Pilih?

Bila anda ingin memasang reklame, tentunya harus anda sesuaikan jenis reklame dan kegunannya. Apakah anda ingin mengiklankan produk, jasa, atau hanya sekedar informasi pemberitahuan atau ajakan. Reklame outdoor cocok untukmu bila ingin promosi produk/jasa. Penentuan lokasi dan durasi pemasangan reklame juga harus anda sesuaikan dengan budget yang ada.

Untuk memberikan informasi tambahan mengenai produkmu, anda bisa menggunakan reklame indoor seperti brosur atau pamflet. Keunggulannya konsumen nantinya dapat membawa pulang brosur tersebut dan sebagai sumber informasi apabila mereka ingin membeli produkmu.

Itu dia beberapa jenis reklame dan kegunaannya yang ada di sekitar kita. Tentunya reklame tidak hanya berfungsi sebagai media promosi, tetapi juga media informasi, ajakan, dan alat komunikasi.