Aplikasi Presensi Online Paling Mudah Digunakan

Jika ingin mengetahui ketepatan karyawan tentu saja kita butuh aplikasi presensi online. Ini adalah sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengecek siapa yang masuk, izin, dan sebagainya.

Memang kebutuhan seperti ini akan lebih mengarah pada human resource development. Sehingga penggunaannya juga jarang diketahui oleh pengguna awam dalam bidang terkait.

Oleh karena itu kami akan membahas secara detail apa saja yang paling sering digunakan. Karena ini dapat menjadi salah satu alat untuk mempermudah manajemen karyawan secara mudah dan masif.

Rekomendasi Aplikasi Presensi Online

Kami akan membahas aplikasi yang dikembangkan oleh developer dalam negeri karena cenderung relevan. Jika kita menggunakan buatan luar tentu terkadang sedikit rancu dengan pengelolaan karyawan dalam negeri.

1. Kerjoo Aplikasi Presensi Online Basic

Kerjoo merupakan rekomendasi pertama kami karena ukurannya paling kecil dan tersedia versi android. Jadi pihak HRD dapat melakukan pemantauan secara fleksibel, bagaimana ulasan lengkapnya berikut ini.

kerjoo

Pengguna dapat langsung memanfaatkan aplikasi absensi online dengan fitur-fitur terbaik untuk meningkatkan efisiensi kinerja karyawan. Pengguna hanya perlu membayar biaya sewa per bulan sesuai dengan jumlah karyawan. Kerjoo juga memberikan kemudahan dengan berlangganan GRATIS 14 hari.

Kerjoo berbasis Cloud dan SaaS yang berarti memberikan layanan software atau aplikasi yang dapat langsung digunakan oleh pengguna tanpa perlu memikirkan dan memahami bagaimana data tersimpan maupun cara merawat aplikasi.

  • Keunggulan

Jika menginginkan fleksibilitas paling tinggi sampai sekarang masih belum ada yang mengalahkan kerjoo. Aplikasi presensi online ini dapat diakses secara cross platform paling mudah.

Jadi kita bisa lakukan cek dari PC atau android tanpa harus ada detail yang dilewatkan. Selain itu kustomisasi kategori juga diberikan untuk memilah shift dan menyortir karyawan.

Apabila kita gunakan dalam jangka panjang tentu kerjoo dapat menjadi referensi bagus. Stabilisasi aplikasi juga optimal sehingga pengguna akan tetap lancar dalam mengoperasikannya.

  • Kelemahan

Untuk kategori software yang fleksibel sayangnya kerjoo kurang cocok untuk skala terlalu besar. Jadi aplikasi presensi online ini memang cukup terbatas pada berapa pesertanya.

Ketika sudah terlalu penuh tentu kita akan merasa kesulitan karena optimasinya kurang. Oleh karena itu ini lebih cocok digunakan untuk startup atau model usaha dengan jumlah pegawai kecil.

Jika sudah mengetahui kurang lebih dari kerjoo tentu Anda bisa menimbang apakah ini cocok. Seperti disebutkan tadi penggunaan startup kami lebih rekomendasikan menggunakannya karena mudah.

DOWNLOAD

 

2. Presensi Kerja Lebih Simpel dengan Karyaone

Bagi para HRD yang menginginkan fitur lebih kompleks kita bisa menggunakan karyaone sebagai solusi. Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahannya sehingga dapat dijadikan sebagai referensi.

karyaone

Dengan aplikasi smartphone KaryaOne, sebagai karyawan, Anda dapat:

1. konfirmasi kehadiran Anda melalui ponsel cerdas Anda di titik kehadiran yang ditentukan
2. mengajukan permintaan cuti
3. terapkan permintaan izin
4. terapkan permintaan lembur
5. terapkan permintaan hari penggantian
6. menerima pemberitahuan dari perusahaan
7. lihat informasi pribadi
8. lihat kinerja kehadiran pribadi dan acara perusahaan dari kalender Anda

Dengan aplikasi web KaryaOne, sebagai admin sumber daya manusia, Anda dapat:

1. Lacak data kehadiran dari mesin absensi dan smartphone
2. Kelola integrasi mesin absensi seperti mesin sidik jari
3. Dasbor monitor yang menunjukkan kinerja keseluruhan karyawan perusahaan Anda
4. Akses profil karyawan
5. Migrasi data dengan mudah dari spreadsheet ke aplikasi
6. Menyetujui atau menolak permintaan cuti, izin, lembur atau hari penggantian yang diajukan oleh karyawan
7. Buat shift kerja, tetapkan karyawan ke shift, gunakan pola shift dan gunakan daftar shift
8. Buat skema lembur dan tetapkan karyawan ke skema
9. Menyusun diagram struktur organisasi dan menentukan siapa yang dapat memberikan persetujuan cuti, lembur, izin, dan permintaan hari penggantian yang diajukan oleh bawahan
10. Memproses penggajian pegawai yang sudah termasuk pajak penghasilan (PPh 21) dan jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah (BPJS)
11. Kirim pengumuman ke karyawan

  • Kelebihan

Kerjo memiliki beberapa fitur mulai pengaturan shift, poin kedisiplinan, sampai grafik persentase keakuratan setiap orang. Jadi aplikasi presensi online ini cukup kompleks fitur yang ditawarkan.

BACA JUGA  Rekomendasi Aplikasi Cari Jodoh Luar Negeri Yang Patut Kalian Coba

Berbeda dengan kerjoo, karyaone kami rekomendasikan untuk perusahaan besar karena daya tampungnya tinggi. Meskipun digunakan ribuan orang ini tidak akan pernah crash.

Pengoperasian UI juga mudah dan intuitif sehingga adaptasi menjadi sederhana. Kemudian pembuatan kustomisasi tertentu juga masih dapat ditambahkan sendiri sesuai kebutuhan.

  • Kekurangan

Berbeda dengan kerjoo, karyaone tidak bisa kita akses cross platform secara langsung. Sehingga aplikasi presensi online tersebut masih memiliki keterbatasan dalam aspek fleksibilitas.

Kemudian keakuratan data juga terkadang perlu dicek kembali karena kurang akurat. Jika akan mencetak slip presensi juga sering mengalami error sehingga perlu metode pencetakan tidak langsung.

Jika sudah tahu bagaimana kelebihan dan kekurangannya tentu sekarang Anda bisa paham. Bagi perusahaan besar karyaone mungkin akan lebih efektif digunakan dibandingkan software lainnya.

DOWNLOAD

 

3. Absenku Bantu Ketahui Presensi Ketepatan Karyawan

Absenku juga merupakan sebuah software yang dapat kita gunakan sebagai presensi karyawan. Ada beberapa kelebihan unik dan kekurangan yang perlu kita tahu sebelum menggunakannya secara langsung.

Absenku

Aplikas Absesku ini memiliki fitur pengenalan wajah dan informasi foto beserta data Geotagging, Anda dapat memantau serta melakukan validasi absensi karyawan saat mereka hadir dan pulang kerja. Anda juga dapat menentukan dimana seharusnya karyawan Anda melakukan absensi kehadiran sesuai lokasi mereka bekerja, apakah mereka Work From Home, Sedang Kunjungan Kerja atau dimana pun saja, Anda dapat melakukanya dengan mudah di Absenku Profesional.

Umumnya mengatur jadwal shift di setiap perusahaan cukup rumit dan membutuhkan waktu untuk mengerjakanya, tetapi dengan Absenku Profesional Anda dapat membuat jadwal shift dengan hanya import data dari format xls. semua cara dan petunjuk diberikan demi kemudahan Anda menggunakan Absenku Profesional.

  • Kelebihan

Jika Anda butuh aplikasi presensi online yang detail maka absenku dapat menjadi opsi. Detail data yang masuk mulai dari jam, ketepatan, sampai persentase keakuratan disediakan.

Jadi HRD akan semakin mudah dalam melakukan penilaian terhadap kedisiplinan pekerja. Nantinya kita bisa menggunakannya sebagai salah satu acuan penilaian karena bisa dicetak.

Proses pencetakan slip sendiri dapat dilakukan secara langsung apabila laptop atau PC terhubung ke printer. Ini adalah langkah mudah yang dapat kita andalkan untuk mengetahui ketepatan.

  • Kekurangan

Aplikasi ini relatif berat dan tidak cross platform sehingga khusus untuk PC saja. Para pengguna memang bisa absen menggunakan android namun pengecekannya tetap harus memakai PC.

Kemudian untuk daya tampung sendiri tidak terlalu besar hanya dalam jangka ratusan. Untuk skala besar kami kurang rekomendasikan karena perlu membuat beberapa profil.

DOWNLOAD

Akhir Kata

Memang dengan menggunakan metode seperti itu pelacakan kedisiplinan pegawai menjadi lebih mudah. Pakai aplikasi presensi online untuk mengurangi beban kerja dan administrasi dalam kantor.

error: Content is protected !!