public speaking adalah

Kuasai Serba-Serbi Public Speaking Agar Sosialmu Lebih Lancar

Banyak yang bilang bahwa orang yang pandai Public speaking mudah bersosialisasi dengan lingkungan dan bahkan sangat berguna di dunia kerja. Memang hal ini benar adanya, ketika anda berada di tengah masyarakat komunikasi adalah hal utama yang harus dilakukan. Namun, pandainya berkomunikasi ini sebenarnya perlu latihan-latihan yang sesuai. Lalu seperti apa cara Public Speaking yang baik dan benar?

Apa Itu Public Speaking Yang Baik?

Sederhananya public speaking merupakan sebuah seni dalam berpidato, dengan pembicara langsung berkomunikasi bersama audiens lewat presentasi secara lisan.

Cleverism menyatakan bahwa Public Speaking bisa diibaratkan sebagai kemampuan atau skill yang dapat dipakai dalam membangun relasi atau keterlibatan antara audiens ketika melakukan komunikasi di depan umum. Berlaku bagi orang yang dikenal maupun belum.

Anda pasti sering menyaksikan baik secara langsung atau lewat media massa ada orang yang berbicara lancar dan bagus di hadapan orang banyak. Maka disini bisa diartikan bahwa orang itu memang mempunyai public speaking yang bisa memunculkan rasa percaya diri di hadapan banyak orang.

Pentingnya Public Speaking

mengapa public speaking itu penting?  karena jika orang tersebut bisa menjalankan kemampuan ini dengan main. Pasti akan memberikan rasa percaya diri dan yakin di hadapan semua orang. sehingga bisa membuat semua orang puas dan senang dengan yang anda sampaikan.

Orang yang pandai dalam kemampuan ini bisa terlihat berwibawa dan profesional. Anda pasti pernah mendengar orang yang bicara, “a,e,a,e”. Hal semacam ini tentu lumayan membosankan dan aneh di telinga orang.

Bagi pemula yang ingin mengembangkan kemampuan ini dengan baik, maka harus rajin dulu belajar cara public speaking bagi pemula. Wajar jika pertama anda gelagapan, karena kemampuan publik speaking memang harus sering latihan.

BACA JUGA  Pidato Persuasif Tentang Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Tujuan Public Speaking

Banyak yang bilang,  kenapa public speaking itu penting karena :

1. Menyampaikan informasi

Contohnya banyak pengajar yang menyalurkan informasinya dengan menggunakan kemampuan ini. Sehingga tema public speaking bisa sampai ke muridnya dengan jelas.

2. Memberi motivasi

masyarakat akan percaya jika informasi disebarluaskan dengan tegas, jelas, dan akurat. sehingga informasi yang disampai juga terpercaya dan tidak menimbulkan kerancuan di kemudian hari. Apalagi pesan dalam public speaking yang menarik  bisa sampai ke hati penonton.

3. Situasi Terkendali

misalnya, ketika ada acara dan banyak tahu yang ramai. Maka Public Speaking akan mengambil alih supaya acara tetap dan lebih hidup.

4. Supaya Audiens Terpengaruh

Anda bisa membuat audiens yakin dengan informasi yang kamu berikan, Ketika audiens mulai terpengaruh, di sini manfaat public speaking bisa anda rasakan.

5. Menghibur

orang yang menerapkan kemampuan ini dengan baik bukan hanya bisa membuat kamu percaya diri. Namun juga bisa menghibur orang dengan kemampuan bicara yang bisa menghidupkan suasana.

Tips Public Speaking

Sebelum anda mencoba langsung berkomunikasi dengan orang banyak, sebaiknya ketahui dulu tips public speaking berikut ini :

1. Pelajari audiens dan tujuan bicara Anda dengan baik.

Sebelum  mulai berbicara di depan orang banyak, ketahui dulu apa sih tujuan mereka dan bagaimana audiens di tempat tersebut.

2. Menyusun setiap poin penting yang akan anda sampaikan

Sebelum berbicara di depan umum harus ada susunan poin-poin supaya saat komunikasi dg orang banyak bisa lebih mudah.

3. Kuasai materi yang akan anda sampaikan

sebelum berbicara di depan banyak orang. sebaiknya anda terus berlatih cara menjadi public speaking  dengan menguasai materi sepenuhnya. Supaya jika menjelaskan dan ditanya tidak kebingungan.

4. Be confident

Tetap tenang, karena ide yang telah kamu kuasai bisa saja menghilang atau lupa saat kamu menjalankan Public Speaking di depan umum dengan terburu-buru.

Cara Agar Public Speaking Bagus

Memang kemampuan berbicara di depan orang banyak tidak bisa dilakukan sekali langsung bagus, anda harus melakukan latihan secara rutin dan terus menerus, seperti:

1. Belajar dari video

Coba deh anda lihat video tentang Public Speaking. Maka anda bisa mengambil dan menyimpulkan seperti apa berbicara di depan banyak orang yang sopan dan baik.

2. Kursus public speaking

Sekarang ada banyak platform juga tempat yang memberikan kelas public speaking dengan baik dan benar. Pada pelatihan yang sering anda ikuti, akan semakin banyak pula ilmu speaking yang anda dapatkan.

3. Latihan public speaking sendiri

Anda harus terus mengasah kemampuan ini dengan latihan sendiri. anda bisa latihan sambil bersih-bersih atau saat beraktivitas.

BACA JUGA  Empat Metode Pidato: Impromptu, Ekstemporan, Manuskrip, dan Memoriter

4. Training public speaking

Sebaiknya anda juga training kemampuan ini bukan hanya di hadapan diri sendiri tapi juga di depan orang banyak.

5. Berikan evaluasi

Evaluasi bisa kamu berikan sendiri atau menyuruh orang lain untuk mengevaluasi. Bagi anda yang ikut les public speaking terus pahami evaluasi yang diberikan oleh guru anda.

6. Membeli ebook public speaking

Ada banyak ebook Public Speaking yang membahas kiat-kiat sukses menjadi pembicara. coba pelajari banyak hal di sana.

Metode Public Speaking

Anda bisa belajar Public Speaking berbicara di depan orang banyak, dengan melakukan metode berikut ini :

1. Metode Impromptu atau Ad Libitum

Metode public speaking biasa anda lakukan dengan tanpa menggunakan catatan apapun. Biasanya metode ini digunakan disaat mendesak dan anda harus pandai berimprovisasi.

2. Metode Reading Manuscript (Membaca Naskah)

anda bisa berbicara di depan umum dengan memakai naskah yang sebelumnya sudah disiapkan. Biasanya pidato seperti ini untuk acara resmi atau formal.

3. Metode Hafalan atau Memoriter

Metode public speaking memang sangat menantang, karena anda harus punya daya ingat yang tinggi. Namun bagi anda yang lemah atau kurang kuat daya ingatnya bicara di depan umum dengan cara semacam ini bisa sangat kurang maksimal.

4. Metode Using Note atau memakai Catatan Kecil

Metode ini menggunakan outline, garis besar, dan kisi-kisi dari pembahasan yang ingin diucapkan. Anda harus bisa melakukan penjabaran yang baik ketika ada di depan orang banyak supaya mereka bisa lebih paham.

Jenis- Jenis Public Speaking

Sebelum mulai berlatih public speaking berbicara di depan umum, ketahui dulu jenis dari kemampuan ini :

  1. Ceremonial Speaking
    Public Speaking Ceremonial Speaking misalnya kelulusan, pernikahan, pemakanan, ulang tahun, dan pesta. Sifatnya formal.
  2. Demonstrative Speaking
    Anda bisa memakai public speaking ini saat menjelaskan yang bentuknya tutorial juga sosialisasi.
  3. Informative Speaking
    Hanya sekedar memberi informasi tanpa tujuan mempengaruhi pendengar.
  4. Persuasive Speaking
    Public speaking menggunakan metode ini bertujuan agar audiens bisa lebih terpengaruh dengan apa yang anda sampaikan.
  5. Entertain Speaking
    Bertujuan memberikan hiburan kepada audiens misalnya seperti acara Stand up Comedy.

Pekerjaan Public Speaking

Orang yang pandai Public Speaking bisa melakukan pekerjaan seperti,

  1. Trainer
  2. Pembawa acara
  3. Reporter
  4. Interpreter
  5. Moderator
  6. Announcer

Contoh Tokoh Public Speaking Yang Ada Di Indonesia

  1. Andy Flores Noya (Kick Andy)
  2. Pandji Pragiwaksono.
  3. Najwa Shihab.
  4. Ernest Prakasa.
  5. Krisnamurti.

Setelah mengetahui banyak hal tentang Public Speaking anda bisa mencoba dan belajar mulai sekarang. semoga bermanfaat.