Aplikasi al Quran

Aplikasi Al Quran Offline Terbaik dan yang Ringan

Bagi para pengguna PC ada beberapa aplikasi Al Quran offline terbaik yang dapat dijadikan rujukan. Software utility kebutuhan religi seperti ini memang banyak dicari karena fungsionalitasnya tinggi.

Ada beberapa yang masuk dalam rekomendasi kami sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai sebuah opsi. Namun lihat juga kelemahannya apakah mengganggu penggunaan atau tidak.

Kami akan bahas secara fair sehingga Anda dapat memilih sesuai kebutuhan tanpa ada soft selling. Jadi ini murni fair sebuah review agar para pengguna merasa puas dengan performa yang diberikan.

Rekomendasi aplikasi Al Quran offline terbaik

Hanya aplikasi dengan kompatibilitas tinggi yang akan kami rekomendasikan pada Anda. sehingga semua PC dengan spesifikasi apapun akan dapat menggunakannya secara lebih optimal.

1. Zeqr Aplikasi Al Quran Offline Terbaik

Zeqr merupakan rekomendasi tertinggi karena penilaian dari pengguna paling tinggi sampai sekarang. Namun jangan jadikan itu sebagai sebuah acuan, simak dulu uraian mengenai kekurangan dan kelebihannya.

Zeqr

  • Kelebihan

Zeqr termasuk aplikasi Al Quran offline terbaik karena memiliki banyak fitur. Mulai dari pengingat, bookmark, terjemahan berbagai bahasa, sampai adanya panduan membaca yang benar.

Jadi bagi para pemula dalam membaca al quran akan merasa nyaman menggunakannya. Dilengkapi pula dengan buku tajwid sehingga kita bisa belajar menggunakan satu software.

Memang kelengkapan tersebut membuat zeqr menjadi referensi banyak para pengguna muslim. Kita juga dapat menjadikannya sebagai opsi apabila memang cocok dengan kebutuhan.

  • Kekurangan

Dibandingkan dengan lainnya software zeqr relatif lebih berat karena banyaknya fitur. Namun hal tersebut tidak perlu khawatir karena kita bisa melakukan update secara terpisah.

Artinya jika ada beberapa fitur tidak dibutuhkan tentu kita tidak perlu memasangnya. Fleksibilitas ini menjadikan zeqr aplikasi Al Quran offline terbaik meskipun masih ada beberapa kekurangan.

Dengan memahami konteks tersebut tentu Anda dapat menjadikannya sebagai sebuah referensi. Namun tunggu dulu masih ada dua rekomendasi dari kami yang tidak boleh Anda lewatkan.

Fitur Utama

– Tersedianya berbagai versi cetak Al-Qur’an Mulia antara lain: versi cetak Madinah, Mushaf Qatar, narasi Warsh Alquran, dan narasi Shamarli Alquran.
– Kemampuan untuk menambahkan ayat ke favorit memfasilitasi akses cepat.
– Secara otomatis menyimpan nomor halaman terakhir dan membukanya saat berikutnya Anda membuka aplikasi.
– Akses cepat ke bab dan bagian melalui daftar isi.
– Pembesaran teks-teks Al-Qur’an dalam mode lansekap seluler.
– Menampilkan dua halaman Al-Qur’an di iPad seperti salinan cetak Al-Qur’an.
– Fitur mode malam.
– Aplikasi ini bebas dari iklan.

DOWNLOAD

 

2. Al Quran Mushaf Madinah Terjemahan Bahasa Indonesia

Kami mencantumkan salah satu aplikasi yang kurang populer di Indonesia ini karena ternyata sering dianggap remeh. Memang awalnya ini sangat terbatas karena masalah terjemahan bahasa, namun sekarang sudah berubah.

Mushaf Al Madina

Dengarkan Quran melalui suara qari yang paling indah dan paling terkenal. Nikmati bacaan yang benar, dan pelajari pengucapan yang benar dari kitab Allah.

Menghafal Al-Qur’an tanpa internet. Membantu Anda dan anak-anak Anda untuk menghafal dan merevisi Al-Qur’an dengan cara yang mudah dan menarik dengan bimbingan qari yang paling penting, semua tanpa memerlukan koneksi internet, menjadikannya usaha yang mudah kapan saja dan di mana saja Anda inginkan.

Dari sini aplikasi memungkinkan kita untuk merenungkan makna firman Allah, kebijaksanaan-Nya dan kemampuan-Nya untuk menyampaikan makna dan menggambarkannya kepada hamba-hamba-Nya. Aplikasi ini menyediakan buku-buku terpenting dari makna kata-kata al-Qur’an dan buku-buku Tafsir, baik disingkat atau diperpanjang, dan menghubungkannya langsung dengan ayat-ayatnya agar mudah digunakan. Fitur ini tersedia secara offline.

  • Kelebihan

Terjemahan bahasa aplikasi Al Quran offline terbaik ini ternyata termasuk paling lengkap. Sekarang sudah ada bahasa Indonesia sehingga Anda dapat fleksibel menggunakannya.

Pengoperasian sederhana karena memang dibuat sangat simpel sehingga pengguna awam mudah beradaptasi. Kita bisa mulai membaca baik sendiri atau menggunakan bantuan audio.

BACA JUGA  5 Pilihan Aplikasi Beli Token Listrik Murah untuk Android

Bagi orang dengan pandangan kurang bagus ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi keterbatasan penglihatan tidak menjadi masalah ketika menggunakannya.

  • Kekurangan

Ada beberapa kekurangan yang membuat pembaca merasa kurang nyaman dari aplikasi tersebut. Salah satunya adalah tidak adanya panduan membaca secara lengkap dengan tajwid.

Jadi aplikasi Al Quran offline terbaik ini masih sedikit kurang bagi mereka yang tidak bisa membaca sama sekali. Oleh karena itu penggunaannya disini juga relatif kurang populer.

Memang dengan memahami kekurangan dan kelebihan sebuah aplikasi kita menjadi lebih paham. Bahwa kebutuhan setiap pribadi berbeda dan perlu kita sesuaikan dengan aplikasi terkait.

DONWLOAD

 

3. Quran-Terjemahan Bahasa Indonesia Online dan Offline

Quran-terjemahan merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh salah satu kampus ternama dalam negeri. Apakah ini bisa kita bandingkan dengan software sebelumnya, mari bahas bersama agar lebih jelas.

Al Quran Indonesia

Aplikasi ini terdapat iklan, namun penempatannya tidak pada posisi ketika sedang membaca Al-Qur’an, walaupun terdapat iklan tetapi seluruh fiturnya Gratis tanpa pembatasan, dimana hasil pendapatan dari iklan untuk membantu pengembangan aplikasi ini, seperti:
• Biaya sewa bulanan 3 (tiga) Server untuk kebutuhan aplikasi ini.
• Biaya konsumsi para programmer dan desainer dalam mengembangkan fitur-fitur serta membetulkan bug-bug yang ada di aplikasi ini.

  • Kelebihan

Karena dikembangkan langsung oleh akademisi Indonesia tentu translasi juga akurat. Aplikasi Al Quran offline terbaik ini ukurannya juga sangat ringan sehingga semua device pasti bisa menggunakannya.

Kelengkapan fitur juga bisa kita unduh secara terpisah dalam bentuk add ons. Sehingga pengguna bisa menyesuaikan apa saja kebutuhannya dengan perangkat lunak satu ini.

Apabila memang butuh cukup detail bisa mengunduh beberapa add ons mulai dari audio, buku tajwid, dan banyak lainnya. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa ini cukup bagus.

  • Kekurangan

Salah satu kekurangan terbesar dari aplikasi ini adalah fixed font yang diterapkan. Sehingga bagi beberapa orang aplikasi Al Quran offline ini ukuran tulisannya terlalu kecil.

Kemudian jika digunakan pada malam hari background terlalu cerah sehingga kurang nyaman. Jika developer menambahkan mode malam tentu akan semakin nyaman digunakan kapan saja.

Fitur-fitur:
– Design yang menarik, menggeser layar untuk berpindah surah atau juz.
– Baca Al Quran bisa dengan mode layar lanscape atau portrait.
– Tersedia tema terang dan gelap.
– Surah Index (daftar Surah).
– Juz Index (daftar Juz).
– Rasm / penulisan (IndoPak dan Utsmani style).
– Tulisan latin (Transliterasi).
– Terjemahan Bahasa Indonesia, pilihan terjemahan (KemenAg-RI dan Tafsir Al Jalalain Indonesia).
– Salin ayat-ayat Al Quran.
– Bagikan ayat-ayat Al Quran.
– Bookmark ayat-ayat Al Quran.
– Penanda bacaan terakhir.
– Tajwid berwarna.
– Backup-restore bookmark dan penanda bacaan terakhir ke Cloud.
– Melihat kata per kata terjemahan berdasarkan dari Arabic-nya ke Bahasa Indonesia.
– Audio mp3 murattal 30 Juz, terdapat 8 pilihan qori.
– Audio control murattal (play, pause, stop, next, prev, repeat).
– Audio manager murattal (untuk mendownload atau menghapus file audio murattal sekaligus banyak).
– Pencarian ayat-ayat berdasarkan kata kunci di terjemahan.
– Jadwal sholat dan imsakiyah termasuk alarm adzan.
– Kalendar jadwal sholat dan imsakiyah untuk 30 hari ke depan.
– Arah kiblat.
– Kalender hijriah.
– Widget jadwal sholat untuk di home-screen.
– Seluruh fitur bisa berjalan offline (Al Quran offline).
* Dan fitur-fitur berikutnya yang sedang dalam pengembangan.

DOWNLOAD

Akhir Kata

Jika kita sudah memahami berbagai rekomendasi tadi tentu kita bisa jadikan sebuah referensi. Pemilihan aplikasi Al Quran offline terbaik perlu teliti agar sesuai dengan kapabilitas dan kebutuhan kita.

error: Content is protected !!