Pengertian World Music Berserta Cara Merayakan dan Sejarahnya

Sebelum kita membahas tentang pengertian world music, kita pahami dulu apa itu music. Musik yakni suatu seni yang terbentuk dari kumpulan-kumpulan bunyi dan irama yang harmonis. Di dalam pengertian musik bisa dipahami, bahwa terdapat bunyi-bunyi dengan nada yang sudah disusun rapi sesuai dengan komposisi-komposisi tertentu, sehingga terdengar merdu serta indah didengarkan telinga.

Pengertian lain dari musik yakni suatu cabang seni yang muncul dari pikiran serta perasaan manusia yang bisa dimengerti dan juga dipahami yang berupa nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama lagu dan juga keharmonisan sebagai suatu ekspresi diri.

Unsur-Unsur dari Musik

Suara

Suara yakni suatu unsur paling mendasar dari seni musik. Aspek-aspek dasar dari suara di dalam seni musik dapat dibagi menjadi beberapa bagian yakni tala atau tinggi nada, durasi atau lamanya suara dikeluarkan, intensitas, dan juga timbre atau warna bunyi.

Melodi

Salah satu unsur dari seni musik yakni melodi. Melodi yakni tinggi dan rendah serta panjang dan pendeknya nada yang ada di dalam karya musik. Melodi yakni suatu satu kesatuan dari frase yang disusun dari nada-nada dengan interval, urutan, serta tinggi nada yang sudah diatur. Dengan adanya unsur music ini, maka akan membuat musik menjadi lebih berwarna. Sehingga bisa didengar dan dinikmati pendengarnya.

Birama

Birama merupakan salah satu unsur dari music. Birama yakni sebuah ketukan yang berbunyi secara berulang-ulang. Ketukan dari birama muncul dalam waktu yang bersamaan serta merupakan unsur pembentuk dari sebuah seni musik. Biasanya unsur birama ini dituliskan menggunakan bilangan atau angka seperti 2/4, 2/3, 3/4, dan seterusnya. Birama adalah unsur music yang mana dibagi menjadi dalam 2 jenis yakni dilihat dari bilangan penyebutnya. Birama bainar jika nilai penyebutnya genap, sedangkan yang berpenyebut ganjil disebut dengan birama tenair.

Ritme atau irama

Irama atau ritme merupakan unsur dari music yang berupa rangkaian gerak beraturan yang menjadi unsur dasar dari suatu musik. Selain itu ritme merupakan pergantian panjang pendek bunyi, tinggi dan rendah bunyi serta keras lembut bunyi di dalam satu kesatuan dari rangkaian musik. Apabila jika Anda dengarkan sekilas ritme musik tidak dapat Anda dirasakan, namun perlu dilakukan pengulangan untuk mendengarkan agar Anda dapat mengetahui struktur dari iramanya.

Tempo

Tempo yakni ukuran dari kecepatan birama lagu yang juga menjadi salah satu unsur musik. Tempo sendiri mempunyai beberapa bagian kategori yaitu, lambat (adagio), lebih lambat (lento), lambat sekali (largo), sedang sedikit cepat (moderato), sedang (andante), lebih cepat (vivace) cepat (allegro), dan juga cepat sekali (presto).

Tangga Nada

Tangga nada yaitu urutan nada yang sudah disusun sedemikian rupa hingga membentuk tangga. Pada dasarnya nada terbagi menjadi dua yaitu pentatonik diatonik. Nada diatonik yakni tangga nada yang terdiri 7 buah nada dengan jenis jarak nada (1/2 dan 1). Sedangkan pentatonik yaitu tangga nada yang mempunyai lima nada pokok.

Harmoni

Harmoni yakni suatu keselarasan dari perpaduan nada yang dimainkan dalam sekumpulan nada yang jika dimainkan secara bersamaan akan dapat menghasilkan nada atau suara yang terdengar indah.

Timbre

Timbre yaitu warna bunyi yang terdapat dalam sebuah karya seni musik. Timbre dihasilkan dari alat musik tiup yang akan berbeda dari timbre yang dihasilkan alat musik petik, walaupun dimainkan pada nada yang sama.

Dinamika

Dinamika merupakan suatu tanda untuk memainkan nada dengan volume lembut atau nyaring. Dinamika mempunyai fungsi yang penting yakni dapat menunjukkan nuansa sedih, nuansa lagu, agresif senang, dan lain sebagainya.

BACA JUGA  Kemasan yang Ramah Lingkungan Adalah

Ekspresi

Ekspresi merupakan suatu ungkapan perasaan hati. Unsur music ekspresi pada nantinya akan dituangkan ke dalam suatu pertunjukkan pada saat memainkan musik.

Pengertian World Music dan Sejarahnya

Setelah kita mengetahui sedikit pembahasan tentang music, selanjutnya kita akan membahas tentang world music. World music day atau hari music dunia diperingati pada tanggal 21 Juni pada setiap tahunnya. Perayaan musik dunia ini kerap diinisiasi oleh para musisi muda hingga musisi amatir yang mempertunjukkan keterampilannya. Pada acara ini juga terdapat acara yang tidak kalah menarik yakni world music awards.

Hari Musik Dunia adalah suatu momentum untuk siapa saja yang dapat memainkan music terutama musik favorit mereka di taman ataupun di ruang terbuka untuk dinikmati khalayak ramai. Anda juga dapat merayakannya dengan membagikan musik favorit yang selama ini Anda dengarkan kepada orang lain.

Hari musik dunia atau world music day pertama kali diadakan pada tahun 1982 yang berada di Prancis. Dimana perayaan ini sekaligus bertepatan dengan perayaan Summer Solstice. Menteri Kebudayaan Prancis pada saat itu, yang bernama Jack Lange merupakan orang yang memulai Fete de la Musique di Paris, Prancis. Selain itu, komposer musik terkenal lainnya juga turut berperan dan berkolaborasi untuk terciptanya Hari Musik Dunia atau world music day, salah satunya yaitu Maurice Fleuret. Yang kemudian perayaan ini lalu menjadi acara populer yang ada di seluruh dunia.

Perayaan Hari Musik Dunia (World Music Day)

Sejak pertama kali kegiatan ini diperingati di kota Paris, festival ini lalu menjadi sebuah fenomena dunia internasional. Beberapa negara kemudian mulai ikut merayakan kegiatan ini seperti negara Italia, Rusia, India, Australia, Peru, Inggris, Ekuador, Brasil, Kanada, Meksiko, Amerika Serikat. Bahkan juga ada negara di Kawasan Asia seperti Cina, Jepang, Malaysia dan juga beberapa negara yang lainnya.

Para musisi baru dan musisi veteran juga turun ke jalan guna membuat musik. Pada World Music Day atau Hari Musik Dunia, biasanya banyak konser musik yang tidak dikenakan biaya alias gratis diselenggarakan serta merupakan sebuah keharusan untuk bisa diakses oleh semua orang.

Sehari sebelum dilaksanakannya perayaan Hari Musik Sedunia ini, biasanya jalanan kota Paris dipenuhi oleh berbagai suara alat musik. Acara tersebut kerap mengundang minat turis dari berbagai belahan dunia untuk melihat festival ini, karena festival ini dikemas dengan konsep menarik seperti parade, pesta, pekan raya dan juga pesta dansa.

Akan tetapi, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke kota Paris untuk turut merayakan Hari Musik Sedunia jika waktu dan budget yang kamu miliki belum siap. Kamu dapat merayakannya di rumah saja, contoh dengan membagikan musik-musik favorit kamu di platform media sosial. Dengan itu Anda sudah termasuk menjadi pelaku dari perayaan hari music dunia atau World Music Day.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi tentang pengertian world music day atau hari musik dunia. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dapat dinikmati oleh seluruh orang di berbagai dunia. Baik berada di kota Paris atau di rumah masing-masing. Karena music merupakan salah satu Bahasa yang dapat dimengerti dan dipahami oleh seluruh orang di berbagai dunia.

error: Content is protected !!