Yang Tidak Termasuk Ciri Ciri Anak Sehat

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada melihat anak tumbuh sehat. Kesehatan tidak hanya terbatas pada fisik, tetapi juga mental. Kesehatan fisik dan mental dapat membantu anak melakukan aktivitas sehari-hari tanpa hambatan.

Anak-anak membutuhkan perhatian yang lebih dari orang tuanya ketimbang orang dewasa karena fisik anak lebih lemah dan masih dalam tahap pertumbuhan sengingga perlu mengadaptasi dengan lingkungannya. Jadi pastikan untuk terus memberikan apa pun yang dapat mendukung kesehatan dan kesejahteraan anak!

Yang Tidak Termasuk Ciri Ciri Anak Sehat Adalah

Anak yang tidak sehat biasanya dapat dilihat dari berbagai ciri yang bisa kita perhatikan, ciri ciri tersebuat antara lain adalah:

Perubahan bentuk dan ukuran tahi lalat.

Harap selalu perhatikan bentuk tubuh dan ukuran tahi lalat yang dimiliki anak, karena merupakan salah satu ciri ciri anak tidak sehat yang mesti kita waspadai

Suhu Badan Panas dan Demam

Tanda anak sedang tidak sehat berikutnya adalah ia mengalami gejala demam.

Anak dikatakan demam apabila suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat celcius atau mencapai 40 derajat celcius.

Nah, itu artinya kondisi tubuh anak dalam keadaan tidak sehat. Di sini orang tua harus segera memberikan obat penurun panas dan bisa mengompresnya memakai kain dan air hangat sebagai pertolongan pertama.

Mengalami Diare

Ciri-ciri anak yang sedang tidak sehat yakni mengalami diare. Biasanya faktor terjadinya diare ialah adanya salah makan atau tidak cocok pada kandungan susu tertentu.

Pada kondisi ini maka orangtua harus gerak cepat untuk mengganti cairan tubuh anak yang hilang akibat diare, yaitu memberinya larutan oralit atau  campuran air, gula dan garam.

Sering Muntah – Muntah

Muntah merupakan gejala keluarnya isi lambung dan usus melalui mulut. Biasanya ketika anak muntah, ia mengeluarkan cairan bercampur makanan.

Jika keadaan muntah disertai cairan kuning atau terdapat bercak darah, orangtua harus cepat tanggap dan lekas membawanya ke dokter.

Berat badan turun.

Apabila orang tua mendapati berat badan anak mengalami penurunan yang drastis, kemungkinan hal itu sebuah tanda kegagalan pada tumbuh kembangnya dan bisa dikatakan bahwa anak itu tidak sehat normal.

Pada umumnya jika berat badan anak turun disebabkan karena beberapa faktor seperti banyaknya kalori yang terbakar, tidak makan makanan yang kaya akan gizi, menderita suatu penyakit hingga terjadi penurunan metabolisme.

Selalu tampak kehausan/menyusu lebih sering dari biasanya.

Ketika anak mengalami keanehan pada kondisi tubuhnya seperti sering merasa kehausan dan berkali-kali minta asi, maka sebagai orang tua kita  harus mengetahui dan mengenali gejala yang terjadi pada tubuhnya.

BACA JUGA  Yang Bukan Termasuk Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial di Bawah Ini Adalah

Bisa jadi ia mengalami dehidrasi karena mengalami demam, diare atau karena faktor cuaca yang sangat ekstrem.

Lalu biasanya mereka juga cenderung tidak banyak gerak dan menjadi lesu. Pada kondisi seperti ini, anakl harus segera mendapat penanganan. Anda bisa langsung memberinya asupan nutrisi agar ia tidak semakin lemas.

Tanda anak tidak sehat dari ukuran kepala berubah.

Jika ukuran kepala anak berubah, dan si anak gampang ngambek dan marah ataupun prilakunya berubah, ibi bisa jadi adanya masalah kesehatan pada si anak, segera perika ke dokter untuk mengetahui penyebabnya

Tidak Merespon ketika namanya di panggil

Kadang kita mendapati anak kita tidak merespon ketika namanya dipanggil, hal ini bisa di sebabkan oleh ada suatu hal yang terjadi pada diri anak tersebut, bisa jadi ia sedang mengalami rasa yang tidak wjar dalam tubuhnya. untuk itu segera bawa ke dokter

Demikianlah penjelasan mengenai hal hal Yang Tidak Termasuk Ciri Ciri Anak Sehat, semua kita sebagai orang tua harus tetap waspada terhadap tumbuh kembang anak

error: Content is protected !!