puisi karangan bunga

Puisi Karangan Bunga Karya Taufiq Ismail

Dalam artikel kali ini kita akan membahas Puisi Karangan Bunga yang diciptakan oleh Taufik Ismail. Pembahasan lebih mendalam tentang pusi tersbut akan dijabarkan dibawah ini:

Puisi Karangan Bunga Karya Taufiq Ismail

Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke salemba
Sore itu.

Ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi.

Puisi Karangan Bunga merupakan salah satu karya sastra fenomenal ciptaan Taufik Ismail yang cukup populer. Terlepas dari kepopuleran yang dimiliki Puisi Karangan Bunga, makna yang terkandung dalam ciptaan Taufik ismail juga menyisipkan beberapa pesan moral yang bisa dipetik dalam Puisi Karangan Bunga untuk para pendengarnya

Berikut akan dijabarkan pembahasan Puisi Karangan Bunga Karya Taufik Ismail

Pengertian Tiap-tiap Bait

Bait 1

Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
Artinya :Pada suatu sore datanglah tiga anak kecil ke Salemba dalam langkah malu-malu

Bait 2

Ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang di tembak mati
Siang tadi
Artinya : Orang bertiga itu menyerahkan sebuah karangan bunga yang berpita hitam.Karangan bunga diserahkan sebagai “tanda ikut berduka cita” terhadap kakak mereka(orang yang di anggap kakak) telah di tembak mati siang hari

Parafrase Puisi Karangan Bunga

Ada tiga orang anak kecil. Melangkah dalam langkah yang malu-malu. Mereka bertiga datang ke Salemba (Universitas Indonesia), pada sore hari tadi. Semua ini adalah pemberian dari kami bertiga dengan pita hitam yang diikatkan pada sebuah karangan bunga. Sebab kami ikut berduka dan merasa sedih. Ini adalah sebuah rasa kepedulian bagi kakak yang ditembak mati karena berdemo memperjuangkan HAM lain. Pada siang tadi.

BACA JUGA  Sebuah Aplikasi Online yang Berfungsi untuk Mengatur Akun Hosting Disebut?

Gaya Bahasa Puisi Karangan Bunga Karya Taufiq Ismail

Sudut Pandang

Taufiq menggunakan dua sudut pandang di puisi ini. Di 4 baris pertama ia menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu. Tampak dari penggunaan kata ganti ‘Tiga anak kecil’ di baris pertama, yang sama artinya dengan ‘mereka’.

Sedangkan untuk 5 baris terakhir, Taufiq menggunakan sudut pandang orang pertama. Hal ini tergambar jelas dari penggunaan kata ‘kami’ di baris ke-5 dan ke-7, seolah-olah sang penulis juga merupakan salah satu dari tiga anak kecil tersebut.

Simbolisme

Cukup banyak simbolisme yang digunakan di dalam puisi ini meskipun puisi ini tidak terlalu panjang. Dari judul saja ‘Karangan Bunga’ sudah menggambarkan duka yang terjadi dibalik penulisan puisi ini.

Berikutnya adalah penggunaan subyek ‘Tiga anak kecil’ yang digunakan untuk mewakili pihak-pihak tak bersalah dan tak tahu-menahu akan apa yang diketahui oleh mahasiswa-mahasiswa pendemo ini. Akan tetapi ‘tiga anak kecil’ ini mengerti tragedi apa yang sedang terjadi, yaitu penembakan. Kata ‘malu-malu’ yang digunakan pun semakin menegaskan kenaifan dan kepolosan anak-anak tersebut.

‘Pita hitam pada karangan bunga’ mewakili suasana duka yang ada. Seperti yang kita telah ketahui, saat seseorang meninggal pasti akan banyak karangan bunga duka cita yang diantar ke kediaman orang yang meninggal tersebut. Warna ‘hitam’ disini sengaja dipilih untuk mewakili kesedihan yang ada, sebab warna hitam merupakan simbol warna universal yang mewakili kesedihan, kehilangan, dan kepedihan.

BACA JUGA  Kegiatan Bank Menerima Tabungan dan Deposito dari Masyarakat Disebut

Terakhir adalah simbol ‘siang tadi’ yang mewakili kejadian yang terjadi di siang hari sebelumnya, yaitu insiden penembakan mahasiswa oleh pasukan Tjakrabirawa di Istana Presiden. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, peristiwa ini terjadi karena adanya demonstrasi mahasiswa yang menuntut Tritura.

Maksud Puisi Karangan Bunga

Secara singkat, maksud puisi karangan bunga adalah untuk mengigatkan kepada kita semua untuk menghormati serta mengenang perjuangan dan jasa para pahlawan yang telah berkorban demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Makna puisi karangan bunga tersbut dapat diketahui setalah mengidentifikasi puisi karangan bunga secara mendalam. Maksud puisi karangan bunga dapat diidentifikasi setelah membedah tipografi, latar belakang, dan makna simboliknya. berikut uraian makna puisi Karangan Bunga karya Taufik Ismail.