Pidato Persuasif Tentang Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Sebelum kita membahas pidato persuasif tentang menjaga kebersihan lingkungan Sekolah, ada baiknya kita mamahami apa itu pidato persuasif

Pidato persusif  adalah jenis pidato yang bertujuan mengimbau atau mengajak masyarakat untuk berbuat suatu hal yang berguna bagi kehidupan atau mempengaruhi emosi pendengar agar berbuat sesuatu. Pidato persuasif merupakan satu di antara cara menggerakkan masyarakat untuk berbuat lebih baik dan lebih kreatif.

Contoh pidato persuasif antara lain: Menjaga Kebersihan Lingkungan, Toleransi Beragama Kunci Persatuan Nasional, Menanam Apotek Hidup, dan lain nya

Untuk lingkup sekolah, tema pidato persuasif yang sering di sampaikan adalah tentang menjaga kebersihan lingkungan sekolah, hal ini bertujuan untuk mengajak siswa ataupun guru guru lainnya untuk terus sama sama saling membahu dalam menjaga kebersihan sekolah

Contoh Pidato Persuasif Tentang Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Jika anda sedang mendapat tugas dari guru untuk berpidato disekolah, maka berikut ini kami berikan beberapa refrensi contoh-contoh pidato dengan tema menjaga kebersihan sekolah yang dapat anda gunakan

Pidato menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Assalamualaikum wr.wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Surakarta, yang saya hormati Bapak Ibu guru dan karyawan SMA Negeri  5 Surakarta,  dan teman-teman semua yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada siang hari ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan.

Maka dari itu, perkenankanlah saya menyampaikan sedikit ulasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan meminimalisir penyebaran penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan tersebut.

Oleh karena itu lingkungan juga merupakan faktor pendorong keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Siswa dan guru akan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif karena didukung oleh keadaan lingkungan yang nyaman. Maka dari itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah dimulai dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci karena dapat menjadi sarang nyamuk.  Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga kita semua dapat menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Terimakasih atas perhatian yang hadirin berikan, apabila ada salah kata ataupun hal-hal kurang berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr.wb.

Pidato singkat tentang lingkungan sekolah

Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Bapak/Ibu Guru yang kami hormati
Serta teman-temanku semua yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karuniaNYA sehingga kita semua dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

apak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Sebelum saya memulai pidato ini, saya akan mengingatkan tentang slogan-slogan yang menempel di hampir setiap koridor sekolah kita, diantaranya “bersih pangkal sehat”, “kebersihan adalah sebagian dari iman”, “jagalah kebersihan”. Tapi apakah slogan-slogan tersebut telah menggugah kita untuk mengamalkannya? Seringkali kita melihat murid-murid yang membuang sampah sembarangan, baik itu berupa kertas-kertas bekas maupun bungkus-bungkus bekas jajanan mereka…

Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau melihat sampah tersebut berserakan dimana-mana. Sampah tadi juga dapat mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun diluar kelas, selain itu kotornya lingkungan sekolah juga dapat menjadikan suasana belajar kita menjadi tidak nyaman.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Demi tercapainya lingkungan yang bersih dan nyaman di tempat kita belajar, perlu sekali dilakukan tindakan yang bersifat mengajak kesadaran kepada setiap siswa untuk menjaga kebersihan yang bersifat mengatasi masalah di atas. Agar tindakan tersebut menjadi contoh kepada siswa-siswa yang masih belum sadar tentang betapa pentingnya kebersihan di lingkungan sekolah. Dengan tindakan-tindakan tersebut diharapkan para pendidik mampu menyadarkan siswa untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolahnya

Sebagai penutup saya ingin mengajak semua teman-teman untuk saling bahu membahu menjaga lingkungan sekolah yang kita cintai ini agar menjadi sebuah sarana belajar yang kondusif dan nyaman dengan mengawalinya dari kebersihan….
Demikian pidato dari saya ini, kurang lebihnya saya mohon maaf…

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Pidato Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Assamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Pagi dan Salam Bahagia untuk Kita Semua

Yang Saya hormati, Bapak/Ibu Kepala SD/MI/SMP/MTs Negeri/Swasta Kabupaten/Kota XXX

Yang Saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Staff Tata Usaha dan Segenap Karyawan

Yang Saya hormati, Bapak/Ibu Wali Murid (Jika Ada)

Serta, teman-teman seperjuangan yang Saya banggakan;

Alhamdulillah, puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita begitu banyak rezeki, salah satunya rezeki sehat dan kesempatan sehingga kita bisa hadir di sekolah untuk belajar.

Shalawat dan salam kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Mari senantiasa kita bershalawat seraya berdoa agar mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia. Perkenalkan nama Saya (Guru Penyemangat). Pada kesempatan yang berbahagia ini Saya ingin berbagi kisah tentang ragam cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Sejatinya, menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah kewajiban bagi kita semua terutama para siswa. Dengan menjaga kebersihan, maka hak-hak seperti udara bersih, udara sehat, lingkungan sekolah yang asri, hingga suasana belajar yang nyaman akan didapat oleh siswa.

Namun, rasa-rasanya masih banyak dari kita yang kurang peduli dengan rumah kedua tempat kita belajar ini. Terkadang di kolong meja belajar ada sampah plastik, di lapangan upacara banyak sampah makanan berserakan, begitu pula di semak-semak taman bunga.

Sungguh memprihatikan bila keadaan sekolah terus-menerus seperti ini, padahal kita mendambakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.

Teman-teman yang Saya sayangi;

Ada banyak cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang senantiasa bisa kita tempuh. Dalam kesempatan ini, Saya ingin menyajikan tiga cara utama.

Cara Pertama: Membuat dan Menaati Jadwal Piket

Banyak orang ingin mendapatkan hak tapi lupa dengan kewajiban, termasuklah perihal kebersihan lingkungan sekolah. Banyak siswa yang ingin kelasnya bersih, tapi giliran diminta untuk piket sikapnya malah “angin-anginan”.

Solusi terbaik ialah kita perlu membuat jadwal piket kelas dan piket sekolah. Dengan begitu, siswa akan mengingat tugas dan tanggung jawabnya. Tapi, ya, jadwal bukanlah sekadar jadwal jika tidak kita taati.

Sadarilah bahwa menjaga kebersihan sekolah itu adalah kewajiban kita semua dan menaati jadwal piket merupakan ikhtiar kita untuk mewujudkannya.

Cara Kedua: Membuang Sampah pada Tempatnya

Teman-teman yang berbahagia, salah satu hal yang membuat lingkungan sekolah maupun rumah menjadi kotor adalah sampah. Kita kadang iri dengan negara Singapura yang menerapkan denda bagi siapa pun yang membuang sampah sembarangan.

Di sekolah ini, kita bisa saja menerapkan hal serupa. Tapi menurut Saya, yang paling penting adalah kepedulian kita di mana kepedulian akan kebersihan ini wajib dipupuk dari diri sendiri. Kalau tidak kita yang memulai untuk peduli, maka siapa lagi, kan?

Maka dari itulah, diharapkan bagi kita semua untuk terbiasa, mau, dan mampu untuk membuang sampah pada tempatnya. Di tiap-tiap kelas sudah ada kotak sampah, jadi kita sudah tidak perlu repot-repot lagi.

Cara Ketiga: Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik

Ada banyak jenis sampah, tapi rasanya sampah yang cukup merepotkan adalah sampah plastik. Mengapa? Karena benda yang mengandung plastik tidak bakal mampu dihancurkan oleh tanah.

Maka dari itu, demi menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai ini, sebaiknya mulailah untuk mengurangi sampah plastik.

Sangat baik bagi kita untuk membawa bekal dari rumah atau menggunakan wadah sampah organik untuk membungkus sesuatu. Contohnya seperti daun pisang.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang Saya Banggakan

Sejatinya ada begitu banyak cara lain untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Walau begitu, yang perlu kita ingat adalah; menjaga lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua.

Bukan hanya siswa, melainkan juga guru. Bukan hanya guru, melainkan juga kepala sekolah maupun penjaga sekolah.

Setiap warga sekolah bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Maka dari itulah, mari kita bergotong-royong untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, dan nyaman.

Teman-teman yang Saya Sayangi;

Kiranya demikianlah pidato yang bisa Saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Izinkan Saya menutupnya dengan sebait pantun:

Di pasar ada toko pecah belah
Ada pula para penjual hasil anyaan
Mari kita jaga lingkungan sekolah
Agar kegiatan belajar jadi nyaman

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh*

Itulah beberapa Contoh Pidato Persuasif Tentang Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah semoga dengan adanya refrensi pidato tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua.

BACA JUGA  Timer Adalah Petugas Pada Perlombaan Lari Yang Bertugas
Kata Kunci : https://www ranalino id/1165/pidato-persuasif-tentang-menjaga-kebersihan-lingkungan-sekolah html
error: Content is protected !!