Contoh Pidato Agama Islam Singkat Tentang Sedekah

Buat anda yang sedang akan mencari refrensi sebagai pembawa pidato atau ceramah yang berhubungan dengan sedekah, berikut kami berikan beberapa contoh Pidato Agama Islam Singkat Tentang Sedekah yang bisa anda gunakan

Isi pidato dengan tema tentang sedekah ini mudah mudahan bisa untuk pembelajaran serta renungan bagi kita, betapa pentingnya melakukan sedekah dengan ikhlas dan contoh sedekah apa yang mudah, sederhana dan bisa di lakukan oleh semua orang.

Contoh Pidato Agama Islam Singkat Tentang sedekah

Bapak-bapak/ibu-ibu beserta rekan-rekan yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat yang Insya Allah penuh barokah ini, amiin.

Tidak lupa shalawat dan salam semoga terpanjatkan kepada Nabi Muhammad SAW, sang Nabi yang telah mengajarkan kita peka terhadap tetangga, sahabat, keluarga, dan karib kerabat dengan zakat dan sedekah.

Hadirin rahimakumullah

Saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk menyampaikan sebuah pidato tentang sedekah.

Sedekah mempunyai banyak sekali manfaat dan barokah diantaranya adalah :

Sedekah menjadi penyebab bertambahnya rezeki

Manfaat sedekah yang pertama adalah bahawa sedekah adalah sebab bertambahnya rezeki. Bukannya berkurang, harta kita justru akan bertambah jikalau kita bersedekah. Rasululah SAW bersabda, “Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian”. (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11)

Bahkan di dalam Ayat yang lain Allah akan melipat pahala sodaqoh kita berlipat-lipat jumlahnya. Dalam Al-Quran Surat 6:160, Allah menjanjikan balasan 10x lipat bagi mereka yang mau berbuat baik. Bahkan di dalam Al-Quran Surat: 2: 261, Allah menjanjikan balasan sampai 700 x lipat. Allah SWT berfirman dalam Q.S Al Baqarah ayat 261:Q.S Al Baqarah ayat 261

Artinya : Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui. (Al Baqarah: 261).

Sedekah adalah perantara kepada tercapainya hakikat kebaikan

Diantara manfaat sedekah yang keduanya adalah bahwa sedekah adalah bukti nyata hakikat suatu kebaikan. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Taala dalam surat Ali Imran ayat 92:surat Ali Imran ayat 92

Artinya: Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu sukai (cintai). dan apa saja yang kamu nafkahkan Maka Sesungguhnya Allah mengetahuinya. (Q.S Ali Imran: 92)

Malaikat akan mendoakan orang yang bersedekah dan melaknat orang yang bakhil

Manfat bersedekah yang ketiga adalah bahwa malaikat akan senantiasa berada dengan orang yang selalu bersedekah dan juga mendoakannya. Hal ini karena Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :

Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Nabi saw. bersabda, Ketika seorang hamba berada pada waktu pagi, dua malaikat akan turun kepadanya, lalu salah satu berkata, Ya Allah, berilah pahala kepada orang yang menginfakkan hartanya. Kemudian malaikat yang satu berkata, Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil. (Muttafaq Alaih).

Mengangkat Derajat

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah swt. akan menambah kemuliaan kepada hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu karena Allah swt., Allah swt. akan mengangkat (derajatnya). (HR. Muslim).

Itulah beberapa manfaat sedekah, sebetulnya banyak sekali manffat sedekah yang akan didapat oleh seorang muslim. Karena itulah, kita tak lagi asing mendengar kisah para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang amat ringan tangan dalam bersedekah.

Abu Bakar Ash-Shiddiq Radhiallahuanhu telah menginfakkan seluruh hartanya dalam suatu kesempatan, dan Umar Radhiallahuanhu menginfakkan separoh hartanya, sedangkan Utsman Radhiallahuanhu menyiapkan bekal seluruh pasukan al-usrah. Jika kita merasa berat dengan sedekah harta, ada banyak bentuk sedekah lain yang bisa kita lakukan.

Salah satunya adalah sebagaimana dinyatakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bahwa Senyum dihadapan saudaramu adalah sedekah (Riwayat Muslim).

Sifat kikir, merasa rugi dan juga takut miskin adalah penghalang bagi seseorang untuk membagikan hartanya yang dimiliki, apalagi sesuatu yang amat dicintai. Padahal, di balik uluran tangan atau menyedekahkan harta itu ada keutamaan yang Allah Subhanahu wa Taala janjikan.
Mudah-mudahan dengan banyaknya kita bersedekah menjadi jalan terbuakanya ridha Allah SWT.

Contoh Kedua Pidato Singkat Tentang sedekah

Alhamdulillah berkat karunia-Nya kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat, bapak ibu yang Insya Allah di muliakan oleh Allah.

Berbicara tentang sedekah, tentu yang akan terfikirkan oleh kita adalah memberikan uang kepada orang lain, itu tidak salah, karena memang itu adalah salah satu bentuk sedekah, tapi sebenarnya sedekah tidak hanya tentang memberikan uang atau materi kepada orang lain

BACA JUGA  Pidato Bahasa Inggris Tentang Bullying

Sedekah yang kita lakukan bisa dalam bentuk senyuman, tenaga, fikiran, doa dan apapun yang kita berikan kepada saudara kita dan itu bermanfaat untuk mereka.

Jadi, jangan kita alergi dengan kata sedekah karena kesalahan kita dalam memahami konsep sedekah itu sendiri, dan sedekah itu juga bertingkat tingkat sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan orang yang akan kita sedekahi.

Misal ketika kita mengetahui ada saudara kita sedang dalam keadaan penuh tekanan dalam pekerjaannya, saat seperti ini mungkin sedekah uang kepada saudara kita tidak akan memberikan suatu maslahat yang besar.

Tapi yang bisa kita sedekahkan adalah tenaga kita dengan membantu apa yang kita bisa lakukan dalam upaya mengurangi beban pekejaannya tersebut.

Contoh kedua, ketika saudara kita sedang banyak masalah dan memasang muka cemberut juga muka yang tidak ceria, maka sedekah yang bisa kita lakukan adalah memberinya senyuman tulus dan berusaha untuk mengajaknya berbincang.

Ingat, itu semua harus kita niatkan sedekah karena Allah, kalau tidak ada niat sedekah yang tulus maka amalan tersebut akan sia sia, misal niat kita agar saudara kita tersebut memberikan hal yang sama kepada kita.

Memang manusiawi jika kita menghendaki hal tersebut, tapi ingat Allah lah yang akan mengganti dan memberikan apapun kebutuhan kita, bukan saudara kita.

Itu adalah beberapa contoh sedekah yang bisa kita lakukan sesuai dengan keadaan dan kondisi tersebut, tapi tatkala ada saudara kita yang sedang kesusahan yang kaitannya dengan harta benda maka tentu harta benda kita yang lebih utama untuk di berikan kepada mereka.

Begitupun dengan saat ini, tatkala bencana banjir melanda tetangga kampung kita, maka ini adalah suatu kewajiban bagi kita untuk membantu tetengga kampung kita dengan harta, benda dan juga tenaga.

Maka disini kami mengajak hadirin yang hadir di sini untuk bersama sama menyisihkan sebagian harta kita, bisa berupa uang, baju yang layak pakai maupun makanan dan lain sebagainya.

Selain harta benda yang kita sedekahkan, perlu juga tenaga kita untuk mendirikan tenda darurat, mengevakuasi para korban dan menyediakan makanan serta mendistribusikan bantuan yang telah kita kumpulkan.

Ingat, ini adalah amalan yang berpahala besar, tidak ada amalan yang ingin di lakukan oleh seseorang yang telah meninggal dunia selain bersedekah, seperti di beritakan oleh Allah dalam Al Quran surat Al Munafiqun ayat 10:

surat Al Munafiqun ayat 10

Artinya: “Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” [QS Munafiqun ayat 10]

Sekarang juga, saat ini juga tatkala Allah masih memberikan kesempatan hidup dengan harta yang cukup, maka sangat merugi jika kita tidak mengambil bagian dalam rangka membantu saudara kita yang tengah tertimpa bencana.

Jangan sampai kita menjadi orang yang menyesal di akhirat kelak karena bakhil tidak mau sedekah, dengan sedekah juga Allah akan memberikan kita jalan keluar atas masalah yang kita hadapi, menggantinya dengan yang lebih baik dari harta yang kita sedekah-kan, dan masih banyak lagi keutamaan juga keuntungan yang akan kita dapatkan.

Untuk bapak dan ibu yang ingin berpartisipasi, baik harta benda maupun tenaga silahkan hubungi panitia.

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga saudara saudara kita yang terkena bencana di berikan kesabaran dan di hapuskan dosa dosanya juga semoga apa yang kita lakukan untuk membantu saudara kita akan mendapatkan ganjaran dari Allah yang akan berguna bagi kita baik di dunia maupaun di akhirat.

Wabilahi taufiq wal hidayah, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ketiga Pidato Singkat tentang Sedekah untuk Kultum

Kultum Manfaat Sedekah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahrobbilaalamiin wabihi nastai’nu ala umuriddunya waddin waalaailihi wasohbihi ajmai’n amma ba’du.

Kita awali ceramah ini dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Allah Swt. dan tak lupa shalawat serta salam untuk Nabi Muhammad saw. beserta keluarga dan pengikutnya.

Di kesempatan kali ini, saya akan memberikan manfaat tentang bersedekah.

Sedekah memiliki banyak manfaat, sehingga umat Islam disunahkan untuk bersedekah.

Contoh dari manfaat sedekah di antaranya adalah:

Bertambah Rezeki

Sedekah tidak membuat kita miskin, karena rezeki sudah diatur oleh Allah Swt.

Menurut sabda Rasulullah saw.:

“Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian.”

Di dalam Al-Qur’an pun tertulis bahwa orang yang bersedekah akan dijanjikan oleh Allah balasan berupa 10x dari jumlah sedekah mereka.

Meningkatkan Derajat Seseorang

Orang yang bersedekah akan ditingkatkan derajatnya oleh Allah dan selalu mendapatkan keberkahan dalam rezekinya.

Hal ini berbeda dengan orang kikir yang memiliki banyak harta tapi hidupnya tidak tenang dan penuh masalah.

Pernyataan ini juga dapat dibaca di hadis Muslim yang berbunyi:

BACA JUGA  Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

“Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah saw. bersabda, sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah akan memberi kemuliaan pada hambanya yang pemaaf dan tawadhu karena Allah dan Allah akan meningkatkan derajatnya,” (HR Muslim).

Didoakan oleh Malaikat

Abu Hurairah berkata, Nabi Muhammad saw. bersabda:

Ketika orang berada di waktu pagi, dua malaikat akan turun kepadanya, lalu salah satunya berkata: Ya Allah berilah harta kepada orang yang menginfakkan hartanya. Kemudian malaikat yang satunya berkata: Ya Allah binasakan orang-orang yang bakhil.”

Itulah beragam manfaat dari sedekah, semoga kita semua dapat bersedekah sebanyak mungkin agar dihindari api neraka.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikianlah beberapa contoh Pidato Agama Islam Singkat Tentang Sedekah, semoga bermanfaat bagi anda dan kita semua

error: Content is protected !!