5 Negara dengan Pendidikan Terbaik di Asia

Kemajuan bidang pendidikan pada sebuah negara menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Negara dengan pendidikan terbaik akan menghasilkan sumber daya yang berkualitas pula sehingga dapat mempengaruhi berbagai aspek dari negara tersebut.

Seperti yang kalian tahu, Inggris memiliki banyak universitas bergengsi dan terkenal seperti Oxford University dan Cambridge University. Pendidikan di Inggris juga diawasi langsung oleh Department for Education dan Department for Business, Innovation and Skills, sehingga sudah tak diragukan lagi sistem pendidikan di negara ini.

Selain faktor dari dukungan dari pemerintah dan kewajiban untuk mengenyam pendidikan pada umur 5 tahun sampai 16 tahun menjadikan Inggris menduduki urutan ke 2 dari daftar negara dengan pendidikan terbaik di dunia pada tahun 2021.

Negara Dengan Pendidikan Terbaik di Asia

Sebelumnya Inggris berada pada urutan ke 2 dunia. Lalu bagaimana dengan negara di Asia? Nyatanya banyak negara di Asia yang menduduki urutan yang tinggi pada urutan negara dengan pendidikan terbaik, tak kalah dengan negara di Eropa dan Amerika.

Bagi kalian yang juga berpikir untuk belajar di negara-negara dengan pendidikan terbaik mungkin bisa menjadikan daftar di bawah ini sebagai rekomendasi destinasi belajar kalian.

1. Korea Selatan

Korea Selatan mungkin terkenal dengan dunia hiburan seperti k-drama, kpop dan juga hidangan yang semakin terkenal di seluruh dunia. Tapi ternyata Korea Selatan juga terkenal dengan sistem pendidikan yang maju.

Kalian yang menyukai k-drama juga pasti sudah tidak asing dengan banyaknya scene atau topik yang mengangkat hal-hal yang menyangkut sistem pendidikan di Korea Selatan. Sistem pendidikan di Korea Selatan yang cukup ketat dan juga banyak pelajar yang memang penuh dengan kompetisi menjadi beberapa faktor tingginya sistem pendidikan di Korea Selatan.

2. Jepang

Negara yang dekat dengan Korea Selatan ini juga menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia. Bahkan pada tahun 2022 menurut World Population Review, Jepang menduduki urutan pertama di Asia.

Buktinya negri bunga sakura ini menjadi destinasi belajar banyak para pelajar dari berbagai benua, terutama pelajar Indonesia. Ada banyak faktor yang mendasari hal ini, salah satunya adalah banyaknya beasiswa yang diadakan oleh pemerintah Jepang maupun universitas swasta untuk berbagai jenjang pendidikan.

3. Singapura 

Singapura menduduki urutan ke 3 di Asia. Negara kecil dengan populasi 5 juta orang ini juga memiliki beberapa universitas yang masuk ke dalam universitas terbaik dunia dan juga adanya banyaknya support dari pemerintah terhadap sektor pendidikan, Singapura juga menjadikan pendidikan hal yang penting untuk negaranya dan hal ini menjadi faktor tingginya sistem pendidikan di sana.

4. China 

China berada tepat di bawah Singapura, menduduki urutan ke 4 di Asia. Sudah lama China memiliki banyak program pendidikan untuk para pelajar yang ingin belajar di negaranya.

BACA JUGA  Empat Metode Pidato: Impromptu, Ekstemporan, Manuskrip, dan Memoriter

China memiliki banyak faktor yang menjadikan negara sebagai destinasi belajar bagi para pelajar yang haus dengan ilmu pengetahuan. Kebudayaan yang kental dan juga banyaknya sejarah dan ilmu pengetahuan kuno menjadikan hal itu menarik untuk dipelajari langsung di negara tersebut.

5. Uni Emirat Arab (UEA)

Mungkin beberapa dari kalian bingung, tapi benar Uni Emirat Arab adalah salah satu negara dengan pendidikan terbaik di Asia. Banyak pelajar dari Indonesia dan juga dari berbagai belahan dunia belajar di Uni Emirat Arab, sistem pendidikan dengan pengalaman dan network pekerjaan yang luas yang ditawarkan oleh negara ini menjadikan banyaknya pelajar yang memiliki ambisi untuk bekerja untuk datang dan belajar di sana.

Selain itu, Uni Emirat Arab memberikan banyak pelajaran kebudayaan dengan banyaknya perbedaan pada sektor hukum, wilayah masing-masing daerah.

Negara yang masuk dalam daftar negara dengan pendidikan terbaik di atas sudah jelas memiliki banyak faktor yang mendukung. Namun, tentu saja tanpa adanya dukungan dan dorongan dari pemerintah pada sektor ini akan membuat hal ini mustahil di dapat.

 

error: Content is protected !!