s2 universitas terbuka

Butuh Informasi Mengenai S2 di Universitas Terbuka? Simak Artikel Berikut!

Dewasa ini, pendidikan yang dimiliki oleh seseorang sangatlah penting. Orang dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi biasanya akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Tidak dapat dipungkiri, tingkat pendidikan yang tinggi tidak menjamin bahwa seseorang akan mendapat pekerjaan yang diinginkan.

Setelah menamatkan S1, terdapat tiga pilihan bagi kalian, bekerja atau melanjutkan pendidikan S2. Atau bahkan pilihan ketiga, yaitu bekerja sekaligus menamatkan S2. Perlu digarisbawahi, apabila mengambil pilihan ketiga, manajemen waktu adalah hal penting. Memangnya bisa bekerja sekaligus mengambil S2? Bisa dong! S2 Universitas Terbuka memberikan solusinya! Penasaran mengapa demikian? Simak artikel ini!

Universitas Terbuka atau UT adalah universitas yang menawarkan sistem belajar “bebas” di Indonesia. UT mengharuskan mahasiswanya untuk belajar secara mandiri dengan modul maupun materi-materi yang telah dipersiapkan oleh UT dan memang dirancang untuk dipelajari secara mandiri. Selain modul, materi juga dapat diperoleh melalui radio, internet, televisi, maupun video. Mahasiswa yang memiliki kesulitan juga diberikan sistem bantuan yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar studi.

Kampus UT sendiri tersebar di 39 lokasi berbeda di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Sorong. Selain itu terdapat 1 unit Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri di Tangerang Selatan. Pilihan lokasi yang begitu bervariasi berikut sistem pendidikan yang fleksibel sangat direkomendasikan bagi kalian yang menginginkan bekerja sekaligus menempuh pendidikan S2.

BACA JUGA  Mudah! Ini Dia Cara Menulis Berita Piramida Terbalik

Jurusan S2 Universitas Terbuka

S2 Universitas Terbuka menghadirkan beberapa pilihan jurusan, sebagai berikut:

  • Magister Pendidikan Matematika
  • Magister Pendidikan Bahasa Inggris
  • Magister Manajemen Perikanan
  • Magister Manajemen (Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Sumber Daya Manusia)
  • Magister Administrasi Publik
  • Magister Studi Lingkungan
  • Magister Pendidikan Dasar

Banyaknya pilihan yang tersedia dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kalian yang berazam untuk studi lanjut di UT.

Akreditasi S2 Universitas Terbuka

Dengan sistem belajar yang terbilang “mudah” dan juga fleksibilitas yang tinggi, apakah UT memiliki akreditasi yang baik? S2 Universitas Terbuka telah menjalani prosedur akreditasi dan mendapat predikat “B” bagi keenam program pasca sarjananya yaitu Manajemen Administrasi Publik, Manajemen, Manajemen Perikanan, Pendidikan Matematika, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Bahasa Inggris. Bagaimana? Seharusnya kalian sudah yakin bukan untuk mengambil S2 di UT?

Biaya S2 Universitas Terbuka

Penulis meyakini bahwa pikiran kalian saat ini memikirkan mengenai biaya pendidikan S2 di UT. Oleh karena itu, berikut akan dijabarkan mengenai biaya pendidikan yang dibebankan kepada mahasiswa.

Program pascasarjana tipe A mensyaratkan pembayaran Rp7.450.000,00 per semester berikut biaya ujian sidang tugas akhir sebesar Rp6.000.000,00 Untuk program pascasarjana tipe B membutuhkan Rp9.350.000,00 per semester dan uang ujian Rp7.900.000,00.

Per semesternya mahasiswa berhak mendapatkan OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru), layanan akademik, layanan bahan ajar, BTR (Bimbingan Tapm Residensial), tuton, publikasi karya ilmiah, UAS (Ujian Akhir Semester), wisuda, UPI (Upacara Penyerahan Ijazah), dan PI (Penyerahan Ijazah).

BACA JUGA  Public Speaking: Pengertian, Pelaku, Tujuan dan Alur

Selain dana di atas, terdapat dana untuk keperluan admisi sebesar Rp750.000,00 dan uang sebesar Rp1.000.000,00 untuk registrasi mata kuliah ulang per mata kuliah dan nominal yang sama untuk layanan administrasi lewat masa studi per semester. Perlu diperhatikan bahwa tarif A berlaku untuk mahasiswa wilayah Serang, Bogor, Denpasar, Jakarta, Jember, Malang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto, Surakarta, dan Surabaya. Sedangkan tarif B berlaku untuk cabang UT di wilayah lain.

Demikian sekilas informasi mengenai S2 Universitas Terbuka. Bagaimana? Kalian tertarik? Gas daftar!