Sebuah Aplikasi Online yang Berfungsi untuk Mengatur Akun Hosting Disebut?

Sebuah Aplikasi Online yang Berfungsi untuk Mengatur Akun Hosting Disebut …

 

  1. Website
  2. Domain
  3. Hosting Setting
  4. Control panel Hosting
  5. Setting

 

Jawaban: d. Control panel Hosting

Penjelasan

Control panel hosting adalah sebuah aplikasi online yang disediakan oleh penyedia layanan web hosting yang digunakan untuk mempermudah dalam mengatur, mengelola, mengoperasikan, dan menjalankan segala kebutuhan website.

Sebagai bagian penting dalam melakukan berbagai macam pengelolaan dan pengembangan website, user bisa memilih berbagai macam control panel yang tersedia.

Contoh Control Panel Hosting

  • cPanel

cPanel adalah Control Panel yang berbasis Unix/Linux. Antarmuka dari tampilan grafisnya dapat membantu Anda mengelola website dengan mudan dan cepat.

Maka dari itu, tidak heran jika cPanel masih dinobatkan sebagai control panel paling populer.

Banyak layanan hosting yang menggunakannya seperti pada produk shared hosting, bahkan ada beberapa VPS cPanel Indonesia yang sudah menggunakan panel ini.

  • Plesk

Plesk adalah Control Panel yang sedikit mirip dengan cPanel. Control Panel ini dapat membantu Anda untuk mengotomatisasi berbagai tugas. Sama seperti cPanel, Anda juga bisa menginstall WordPress.

  • ISPConfig

ISPConfig merupakan Control Panel open resource multi bahasa yang memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa server di bawah satu control panel.

Dari berbagai contoh di atas diharapkan Anda dapat menentukan dan memilih Control Panel apa yang terbaik serta sesuai dengan kebutuhan Anda.

BACA JUGA  Mengenal Sosok Ki Hajar Dewantara

Adapun jika Anda menggunakan jasa pembuatan website dari Bikin.Website, ada dua tipe control panel yang digunakan. Pertama adalah cPanel dan yang kedua adalah DirectAdmin.

Sampai sini dulu pembahasan terkait dengan Control Panel, jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk menuliskan di kolom komentar.

Semoga penjelasan menganai control panel hoting tersebut dapat bermanfaat.