Sebutkan Ciri Ciri Iklan Media Elektronik

Berikut akan dijelaskan pertanyaan tentang media elektorik yang sering di tanyakan. pertanyaan tentang media elektroni tersebut adalah

Sebutkan Ciri Ciri Iklan Media Elektronik

5 macam ciri iklan media elektronik yaitu :

  1. Singkat (Simpleks)
  2. Padat
  3. Berdasarkan fakta (real)
  4. Menarik perhatian (Persuatif dan Imperatif)
  5. Jelas

Menurut Jerny Luciana Sumilat dalam jurnal Makna Slogan dalam Iklan Elektronik Berbahasa Inggris pada Majalah Berbahasa Indonesia (2015), iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan media atau peralatan elektronik, seperti radio, televisi, telepon, serta internet.

Penjelelasan Ciri Ciri Iklan Media Elektronik

1. Singkat (Simpleks)

Singkat disini berarti bahwa iklan itu dibuat dengan simple / tidak bertele tele. Jika teks iklan dibuat dengan kalimat yang panjang lebar maka malah orang akan kebingungan dengan isi iklan tersebut. Kalimat “Ayo beli Odading Mang Oleh, bisa COD atau datang langsung ke kedai kami!” akan lebih bisa dipahami dari pada “Ayo beli Odading Mang Oleh, bisa di COD atau datang sendiri ke kedai kami di Jalan Pak Udin No 56 Kedondong dimana Anda bisa memesan sepuasnya dan akan mendapatkan bonus setiap 5 kali pembelian!”

2. Padat

Padat disini berarti bahwa iklan tersebut memiliki pengertian yang dalam. Padat mengindikasikan bahwa walaupun kalimat pada iklan singkat, namun kalimat itu sudah mencakup apa yang coba di sampaikan oleh pembuat iklan.

3. Berdasarkan fakta (real)

Fakta berarti sesuai kenyataan. Iklan harus dibuat sesuai kenyataan keadaan produk. Pembuat iklan tidak boleh melebih lebihkan keistimewaan produk sampai membuat konsumen atau orang yang melihat iklan tersebut terbohongi.

4. Menarik perhatian (Persuatif dan Imperatif)

Iklan harus dibuat dengan persuasif dan imperatif. Persuatif dan imperatif memiliki pengertian yang mirip yaitu kalimatnya harus berisi ajakan, perintah, atau larangan yang tujuannya baik. Kalimat persuasif dan imperatif biasanya ditandai dengan akhiran -lah, Ayo, -kan, mari dan lain lain. Example : BelilahAyo pesan sekarang, Mari mampir ke toko kami, Belikan anak Anda produk kreatif kami, dan lain lain.

5. Jelas

Iklan harus dibuat dengan jelas, artinya tidak membuat bingung pembaca atau yang melihat iklan itu. Suatu iklan dapat dikatakan tidak jelas jika didalamnya banyak mengandung kalimat tidak efektif, kalimat rumpang, atau kata tidak baku.

Iklan elektronik memiliki bahasa yang juga bisa menarik calon konsumen yang menjadi sasaran dari pemilik usaha.

BACA JUGA  Dns Biasa Digunakan Pada Aplikasi Yang Terhubung Ke

Berikut ini juga beberapa ciri-ciri iklan media elektronik lainnya dalam segi bahasa:

– Iklan menggunakan bahasa dan pemilihan kata yang tepat, logis, dan sopan. Ini artinya, iklan elektronik harus menggunakan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan produk yang diiklankan.

– Bahasa yang digunakan dalam iklan elektronik juga harus yang dapat memberikan sugesti kepada konsumen untuk menggunakan produk yang ditawarkan.

– Kata yang dipilih harus mengandung informasi yang jelas mengenai produk, agar konsumen dapat mengetahui barang atau jasa yang ditawarkan.

– Pilihan kata yang digunakan dalam iklan harus menujukkan sasaran yang dituju, misalnya iklan untuk anak-anak, maka menggunakan kata-kata yang sering digunakan untuk anak-anak.

– Menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, namun menarik, karena iklan di media elektronik terbatas waktu sehingga bahasa dan kata yang digunakan harus singkat, padat, namun jelas agar informasinya tersampaikan dengan baik.

error: Content is protected !!