Berikut akan dijelaskan pertanyaan tentang media elektorik yang sering di tanyakan. pertanyaan tentang media elektroni tersebut adalah
Sebutkan Ciri Ciri Iklan Media Elektronik
5 macam ciri iklan media elektronik yaitu :
- Singkat (Simpleks)
- Padat
- Berdasarkan fakta (real)
- Menarik perhatian (Persuatif dan Imperatif)
- Jelas
Menurut Jerny Luciana Sumilat dalam jurnal Makna Slogan dalam Iklan Elektronik Berbahasa Inggris pada Majalah Berbahasa Indonesia (2015), iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan media atau peralatan elektronik, seperti radio, televisi, telepon, serta internet.
Penjelelasan Ciri Ciri Iklan Media Elektronik
1. Singkat (Simpleks)
Singkat disini berarti bahwa iklan itu dibuat dengan simple / tidak bertele tele. Jika teks iklan dibuat dengan kalimat yang panjang lebar maka malah orang akan kebingungan dengan isi iklan tersebut. Kalimat “Ayo beli Odading Mang Oleh, bisa COD atau datang langsung ke kedai kami!” akan lebih bisa dipahami dari pada “Ayo beli Odading Mang Oleh, bisa di COD atau datang sendiri ke kedai kami di Jalan Pak Udin No 56 Kedondong dimana Anda bisa memesan sepuasnya dan akan mendapatkan bonus setiap 5 kali pembelian!”
2. Padat
Padat disini berarti bahwa iklan tersebut memiliki pengertian yang dalam. Padat mengindikasikan bahwa walaupun kalimat pada iklan singkat, namun kalimat itu sudah mencakup apa yang coba di sampaikan oleh pembuat iklan.
3. Berdasarkan fakta (real)
Fakta berarti sesuai kenyataan. Iklan harus dibuat sesuai kenyataan keadaan produk. Pembuat iklan tidak boleh melebih lebihkan keistimewaan produk sampai membuat konsumen atau orang yang melihat iklan tersebut terbohongi.
4. Menarik perhatian (Persuatif dan Imperatif)
Iklan harus dibuat dengan persuasif dan imperatif. Persuatif dan imperatif memiliki pengertian yang mirip yaitu kalimatnya harus berisi ajakan, perintah, atau larangan yang tujuannya baik. Kalimat persuasif dan imperatif biasanya ditandai dengan akhiran -lah, Ayo, -kan, mari dan lain lain. Example : Belilah, Ayo pesan sekarang, Mari mampir ke toko kami, Belikan anak Anda produk kreatif kami, dan lain lain.
5. Jelas
Iklan harus dibuat dengan jelas, artinya tidak membuat bingung pembaca atau yang melihat iklan itu. Suatu iklan dapat dikatakan tidak jelas jika didalamnya banyak mengandung kalimat tidak efektif, kalimat rumpang, atau kata tidak baku.
Iklan elektronik memiliki bahasa yang juga bisa menarik calon konsumen yang menjadi sasaran dari pemilik usaha.
Berikut ini juga beberapa ciri-ciri iklan media elektronik lainnya dalam segi bahasa:
– Iklan menggunakan bahasa dan pemilihan kata yang tepat, logis, dan sopan. Ini artinya, iklan elektronik harus menggunakan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan produk yang diiklankan.
– Bahasa yang digunakan dalam iklan elektronik juga harus yang dapat memberikan sugesti kepada konsumen untuk menggunakan produk yang ditawarkan.
– Kata yang dipilih harus mengandung informasi yang jelas mengenai produk, agar konsumen dapat mengetahui barang atau jasa yang ditawarkan.
– Pilihan kata yang digunakan dalam iklan harus menujukkan sasaran yang dituju, misalnya iklan untuk anak-anak, maka menggunakan kata-kata yang sering digunakan untuk anak-anak.
– Menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, namun menarik, karena iklan di media elektronik terbatas waktu sehingga bahasa dan kata yang digunakan harus singkat, padat, namun jelas agar informasinya tersampaikan dengan baik.
Rekomendasi Lainnya:
- Kalimat ajakan persuasif pada reklame bertujuan untuk Kalimat ajakan persuasif pada reklame bertujuan untuk Jawaban Salah satu ciri dari reklame adalah memiliki kalimat yang bersifat ajakan. Kalimat ajakan ini digunakan untuk menarik perhatian orang agar tertarik dengan apa yang ada pada…
- Sebutkan Ciri Ciri Reklame Beserta Penjelasannya Reklame memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan media promosi lainnya. Berikut Ini ciri ciri reklame beserta penjelasannya Jawaban atas pertanyaan Sebutkan Ciri Ciri Reklame adalah sebagai berikut: 1. Slogan jelas dan mudah dimengerti 2. Bahasa…
- Cara Membuat Iklan Media Cetak Anda Lebih Efektif Dengan munculnya pemasaran digital, mudah untuk melupakan kekuatan iklan cetak. Namun, jika dilakukan dengan benar, iklan cetak bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menjangkau audiens target Anda. Dalam posting blog ini, kita akan mengeksplorasi…
- Jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya Jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya..... Jawaban Jenis komunikasi daring terbagi menjadi dua contoh yaitu sinkron synchronous communication (real time) dan asinkron atau asynchronous communication (delayed). Jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya adalah sebagai berikut : Komunikasi daring melalui pesan singkat.…
- Brosur dibuat dengan harapan agar masyarakat dapat Brosur dibuat dengan harapan agar masyarakat dapat Jawaban Brosur merupakan salah satu media yang banyak digunakan untuk mengenalkan atau mempromosikan suatu produk, baik berupa barang, jasa, maupun peraturan atau imbauan. Brosur dibuat dengan desain dan kalimat yang…
- Tertarik dengan Dunia Jurnalistik? Inilah Pengertian Jurnalistik, Teknik, dan Kode Etik yang Perlu… Apakah Anda tertarik dengan dunia jurnalistik dan ingin menjadi seorang jurnalis? Dunia jurnalistik memang cukup menarik, apalagi tulisan-tulisan yang dibuat memberikan banyak informasi bagi pembacanya. Namun membuat tulisan jurnalistik tentunya tidak sama dengan membuat tulisan…
- Sebutkan Ciri-Ciri Musyawarah Untuk Mufakat Beberapa dari kita mungkin sering mendengar pertanyaan Sebutkan Ciri-ciri Musyawarah Untuk Mufakat, untuk itu ada baiknya kita mengetahuai terlebih dahulu penjelasan mengenai Musyawarah untuk Mufakat itu sendiri Apa itu Musyawarah Untuk Mufakat Musyawarah untuk mufakat…
- Gambar Karikatur Biasanya Mengandung Gambar karikatur adalah jenis gambar atau ilustrasi yang ditampilkan dengan cara yang sederhana, lucu, dan cenderung mengandung humor. Gambar karikatur biasanya menggambarkan tokoh atau situasi tertentu dengan menggunakan eksagerasi atau perbesaran untuk menyoroti ciri khas…
- Berikut yang tidak termasuk kaidah kebahasaan teks prosedur adalah Berikut yang tidak termasuk kaidah kebahasaan teks prosedur adalah ... A. Kalimat imperatif, deklaratif, dan interogatif B. Menggunakan urutan / langkah C. Menggunakan nomina atau partisipan D. Menggunakan kata kerja dan konjungsi E. Menggunakan kata…
- Kepada Siapa Iklan Tersebut Ditujukan Kepada siapa iklan tersebut ditujukan? A. Karyawan Perusahaan B. Masyarakat Umum C. Pembaca Surat Kabar D. Jajaran Staf Direksi Jawaban Sebuah Iklan yang dibuat ditujukan untuk semua orang atau masyarakat umum yang membaca iklan tersebut…
- Jelaskan Perbedaan Antara Billboard Dan Baliho Jelaskan Perbedaan Antara Billboard Dan Baliho - Dewasa ini media iklan mengalami perkembangan yang sangat pesat mulai dari visual, audio, dan video. Semuanya digunakan untuk menarik minat pasar terhadap produk yang kita tawarkan. Salah satu…
- Pengertian teks laporan hasil observasi? 1. Pengertian teks laporan hasil observasi? Jawab: Teks LHO (Laporan Hasil Observasi) adalah teks yang menjelaskan objek secara sistematik bedasarkan kenyataan. 2. Tujuan teks laporan hasil observasi? Jawab: Teks LHO (Laporan Hasil Observasi) bertujuan…
- Mengidentifikasi bahan serat alam pada produk kerajinan Mengidentifikasi bahan serat alam pada produk kerajinan Jawaban Mengidentifikasi bahan serat alam pada produk kerajinan adalah menyebutkan dan atau menjelaskan karakteristik-karakteristik dari hasil kerajinan yang diamati. Untuk memberikan identifikasi karakteristik, hal-hal yang perlu ditetapkan mencakup jenis bahan, ciri-ciri, bentuk,…
- Ciri interaksi alelopati adalah Jawaban Alelopati pada tumbuhan memiliki ciri-ciri yaitu mengeluarkan senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan tanaman lain di sekitarnya, sehingga tanaman lain dapat mati. Contohnya adalah Eucalyptus spp. Pembahasan Alelopati adalah hubungan antar organisme, yang mana keberadaan satu organisme…
- Mengapa cuplikan teks tersebut persuasif jelaskan Mengapa cuplikan teks tersebut persuasif?Jelaskan Jawaban Cuplikan teks termasuk persuasif karena isi dari teks tersebut adalah ajakan untuk para pembaca mengikuti opini dari penulis. Pembahasan Teks persuasif berfungsi untuk menyampaikan pendapat, ajakan, himbauan, saran dan pertimbangan…