sebutkan ciri ciri reklame

Sebutkan Ciri Ciri Reklame Beserta Penjelasannya

Reklame memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan media promosi lainnya.

Berikut Ini ciri ciri reklame beserta penjelasannya

Jawaban atas pertanyaan Sebutkan Ciri Ciri Reklame adalah sebagai berikut:

1. Slogan jelas dan mudah dimengerti
2. Bahasa baik dan menarik dengan ukuran huruf yang sesuai
3. Ilustrasi menarik dan mudah diingat
4. Tata letak gambar dan tulisan baik

Apa yang dimaksud Reklame?

Reklame adalah alat untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau jasa kepada masyarakat dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.

Untuk apa Reklame ?

Tujuan dalam pembuatan reklame adalah agar suatu produk atau jasa dapat dikenal oleh masyarakat dan masyarakat memiliki keinginan untuk membeli atau memakainya.

Jenis dan Contoh Reklame

– Berdasarkan Tujuan Pengadaan

  • Reklame komersial, yaitu jenis reklame yang dibuat untuk kepentingan bisnis di mana tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan lebih besar. Contoh: poster, spanduk, baliho, dan lain-lain.
  • Reklame nonkomersial, yaitu jenis reklame yang dibuat untuk kepentingan umum, misalnya imbauan, informasi layanan masyarakat, dan lainnya. Contoh: reklame donor darah, reklame pajak, reklame tertib lalu lintas, dan lain-lain.
BACA JUGA  Pahami Konsep Pembelajaran agar Proses Belajar Lebih Maksimal

– Berdasarkan Sifatnya

  • Reklame peringatan, yaitu jenis reklame bersifat mengingatkan masyarakat untuk melakukan hal tertentu. Contoh: reklame tertib lalu lintas.
  • Reklame penerangan, yaitu jenis reklame yang bersifat memberikan informasi kepada masyarakat umum. Contoh: reklame informasi tentang kesehatan.
  • Reklame ajakan atau permintaan, yaitu jenis reklame yang sifatnya mengajak atau meminta masyarakat untuk mengikuti ajakan/permintaan. Contoh: reklame donor darah, reklame bantuan bencana alam.

– Berdasarkan Tempat Pemasangan

  • Reklame indoor, yaitu reklame yang dipasang di dalam ruangan. Umumnya reklame indoor berukuran kecil atau sedang dengan bahan kertas. Contoh: etiket, brosur, leaflet dan juga Embalase
  • Reklame outdoor, yaitu reklame yang dipasang di luar ruangan dan terpapar sinar matahari. Umumnya reklame outdoor berukuran besar dan dibuat dengan bahan kedap air dan tahan sengatan matahari. Contoh: spanduk, papan nama, baliho.

– Berdasarkan Medianya

  • Reklame audio, yaitu reklame yang disampaikan melalui suara, baik langsung maupun tidak langsung. Contoh: iklan di radio.
  • Reklame visual, yaitu reklame yang disampaikan dalam bentuk visual atau gambar. Contoh: iklan megatron, poster, plakat, spanduk, brosur, leaflet, papan nama, dan lain-lain.
  • Reklame audio visual, yaitu reklame yang disampaikan dalam bentuk gambar dan suara. Contoh: iklan di TV, iklan di YouTube.

Demikianlah jawaban sebutkan ciri ciri reklame, semoga membantu

Disclaimer:
1. Konten ini hanya sebagai referensi orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, sebaiknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban