bantuan sosial pendidikan

Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar, Bantuan Sosial Pendidikan Untuk Anak Indonesia

Apakah Anda tahu tentang Kartu Indonesia Pintar? Kali ini kita akan membahas mengenai cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar yang merupakan bantuan sosial pendidikan untuk anak. Pastikan Anda tidak melewatkan informasi penting mengenai Kartu Indonesia Pintar.

Apa Itu Kartu Indonesia Pintar

Salah satu program pemerintah Indonesia untuk mewujudkan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu dengan mendukung proses pendidikan. Program Indonesia Pintar atau PIP adalah salah satu beasiswa yang ditujukan untuk pendidikan anak.

Program ini merupakan kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian Sosial (Kemensos). Sebagai suatu program untuk menyalurkan dana bantuan sosial pendidikan kepada anak-anak.

Program Indonesia Pintar ini berfokus pada bantuan pendidikan yang akan diberikan kepada anak-anak usia sekolah dari keluarga yang kurang mampu. Program ini akan menjamin anak-anak mendapatkan pendidikan terbaik sehingga tidak putus sekolah.

Supaya anak-anak bisa mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar, maka anak tersebut harus memiliki Kartu Indonesia Pintar. Sehingga, penting sekali bagi Anda untuk segera mengurus pembuatan kartu tersebut.

Kartu Indonesia Pintar dapat digunakan sebagai penanda atau identitas dari penerima bantuan pendidikan PIP. Kartu ini akan menjamin bahwa anak-anak usia sekolah sudah terdaftar untuk mendapatkan bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar.

BACA JUGA  Begini Proses Daftar Bansos Secara Online di Handphone Android

Besaran Bantuan Program Indonesia Pintar

Jika anak mendapatkan bantuan sosial pendidikan dari Program Indonesia Pintar yang dapat digunakan untuk membantu biaya peserta didik. Biasanya dapat digunakan untuk keperluan perlengkapan sekolah dan uang saku.

Besaran dana yang didapatkan dari Program Indonesia Pintar, sebagai berikut:

  1. Untuk anak SD/Sederajat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 450.000,00 setiap tahun
  2. Untuk anak SMP/Sederajat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 750.000,00 setiap tahun
  3. Untuk anak SMA/Sederajat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 1.000.000,00 setiap tahun.

Bantuan di atas akan didapatkan bagi anak sekolah yang sudah memiliki Kartu Indonesia Pintar tanpa melakukan pengajuan proposal bantuan sosial pendidikan.

Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar

Bagi Anda yang ingin mendapatkan bantuan sosial tunai dari Program Indonesia Pintar, maka harus membuat Kartu Indonesia Pintar. Anda wajib menyiapkan syarat-syarat yang ditentukan dan lakukan tahapan-tahapan yang diperlukan sebagai berikut:

  • Lengkapi Persyaratan yang Diperlukan

Anda wajib melengkapi persyaratan yang diperlukan, seperti menyiapkan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga Sejahtera, Raport, dan surat pemberitahuan penerima BSM. Anda harus melengkapi persyaratan tersebut terlebih dahulu.

  • Daftar di Lembaga Pendidikan Terdekat

Anda bisa mendaftarkan diri di lembaga pendidikan terdekat dengan membawa semua persyaratan yang diperlukan. Jika Anda tidak memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, maka Anda bisa meminta Surat Keterangan Tidak Mampu di Kelurahan.

  • Data Diverifikasi

Selanjutnya, data dan berkas Anda akan diverifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Data tersebut akan dicatat dan jika memenuhi persyaratan, maka Anda bisa mendapatkan Kartu Indonesia Pintar. Tunggulah dengan sabar sampai kartu tersebut sampai ke tangan Anda.

BACA JUGA  Sanggar Tari di Ruteng: Awit Te Sae

Anda bisa menunggu proses tersebut selesai dalam beberapa hari. Jika berhasil, maka Kartu Indonesia Pintar akan dikirim ke penerima. Jadi, lengkapi persyaratan dengan baik, supaya Anda bisa lolos seleksi.

Demikianlah, pembahasan mengenai bantuan sosial pendidikan melalui Program Indonesia Pintar yang bisa Anda dapatkan. Jangan ragu untuk melihat anak-anak di sekitar Anda, jika ada yang memenuhi syarat, maka Anda bisa mendaftarkannya. Bantulah anak-anak supaya bisa belajar.