Pahami Konsep Pembelajaran agar Proses Belajar Lebih Maksimal

Prinsip pembelajaran lebih fokus pada beberapa hal penting yang harus bisa dipenuhi oleh guru supaya proses pembelajaran siswa bisa terwujud dan bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. prinsip pembelajaran sendiri juga menyediakan instruksi bagi guru apa yang bisa kalian lakukan supaya siswa menjadi aktif selama proses pembelajaran tersebut, salah satunya dengan menerapkan prinsip belajar konseptualisasi.

Prinsip-prinsip belajar

Perhatian dan motivasi

Adanya prinsip perhatian dan motivasi lebih fokus pada pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa sehingga bisa menimbulkan motivasi untuk belajar. dalam menerapkan prinsip ini, maka ada beberapa perilaku yang bisa kalian contoh, seperti guru bisa memilih metode yang lebih bervariasi, guru menggunakan bahasa yang tidak monoton, media pembelajaran sesuai dengan tujuan belajar, dan masih banyak lainnya.

Keaktifan

Agar proses pembelajaran di kelas bisa menimbulkan keaktifan pada siswa dan guru, anda bisa mencoba beberapa langkah seperti gunakan multimedia, memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan eksperimen, memberikan tugas baik secara individu ataupun kelompok, mengadakan diskusi, dan beberapa langkah lainnya. Anda bisa gunakan langkah tersebut sebagai referensi.

Melibatkan siswa secara langsung

Dalam hal ini, guru harus menyadari jika kegiatan untuk menuntut siswa agar mau berpartisipasi secara langsung selama proses pembelajaran. Adanya partisipasi secara fisik tidak menjamin terjadinya pembelajaran aktif. Supaya siswa bisa berpartisipasi di dalam kegiatan pembelajaran secara mental, emosional dan fisik, maka kalian harus bisa merancang dan melakukan kegiatan belajar dengan memperimbangkah karakter siswa dengan isi mata pelajaran. Anda bisa coba membuat kegiatan lebih banyak untuk pembelajaran individual atau kelompok kecil. Atau kalian bisa gunakan media yang langsung dipakai oleh siswa.

Pengulangan

Prinsip pengulangan untuk guru adalah dapat memilih kegiatan pembelajaran mana yang berisi membutuhkan proses pengulangan dan mana yang tidak membutuhkan. Hal tersebut harus dimengerti oleh para guru karena tidak semua materi membutuhkan pengulangan. Anda juga bisa menerapkan prinsip belajar konseptualisasi dan menyisipkan prinsip pengulangan agar bisa memahami konsep tersebut.

Tantangan

Jika kalian ingin siswa selalu berusaha dalam mencapai tujuannya, maka anda bisa berikan tantangan dalam proses pembelajaran. Tantangan yang bisa dilakukan seperti kegiatan, alat pembelajaran yang digunakan beserta bahannya.

Feedback dan penguatan

Feedback bisa diberikan secara tertulis atau lisan. Guru harus bisa memberikan kapan feedback dan penguatan diberikan supaya bisa memberikan makna pada siswa. Anda bisa coba memberi jawaban yang benar setiap kali siswa menjawab pertanyaan dengan benar ataupun salah.

BACA JUGA  Mengapa ketimpangan sosial dapat dikategorikan sebagai masalah sosial jelaskan

Perbedaan individu

Prinsip ini lebih fokus pada pembelajaran dengan memperhatikan adanya perbedaan antar siswa. Kalian harus menyadari jika menghadapi 20 siswa dalam satu kelas artinya anda menghadapi 20 keunikan dengan karakternya masing-masing. Nah, anda bisa coba terapkan prinsip belajar konseptualisasi secara perlahan selama proses pembelajaran.

 

error: Content is protected !!